Pilkada Kota Malang

Daftar Pemilih Sementara Kota Malang Dipasang, Pemilih Silakan Mengecek

#MALANG - Kepada masyarakat yang berhak memilih, memiliki hak pilih, tolong cermati DPS yang kami pasang. Dan berikan tanggapan.

Daftar Pemilih Sementara Kota Malang Dipasang, Pemilih Silakan Mengecek
istimewa
Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Kota Malang 2018 di Kelurahan Samaan. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang mulai menyebarkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Kota Malang 2018, Sabtu (24/3/2018). DPS itu disebar untuk kemudian dipasang ke sejumlah titik strategis.

"Hari ini DPS kami distribusikan ke PPS (Panitia Pemungutan Suara). PPS kemudian menempelkannya ke kantor kelurahan, Balai RW dan RT, juga tempat strategis lain," ujar Komisioner KPU Kota Malang Deny R Bachtiar kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (24/3/2018).

Pemasangan DPS itu merupakan tahapan untuk meminta tanggapan dari masyarakat pemilih. Tujuannya untuk memastikan apakah nama pemilih sudah masuk dalam DPS. Proses meminta tanggapan dari masyarakat ini hingga 2 April 2018 nanti.

"Jadi kepada masyarakat yang berhak memilih, memiliki hak pilih, tolong cermati DPS yang kami pasang. Dan berikan tanggapan, apakah namanya masuk atau tidak," lanjut Deny.

Bagi mereka yang namanya belum tercantum di DPS, kata Deny, bisa memberikan tanggapan kepada PPS setempat dengan membawa fotocopy KTP elektronik, surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Kartu Kelurga (KK).

DPS itu antara lain terlihat dipasang di Kelurahan Kauman dan Kelurahan Samaan. Tahapan ini dilakukan sebelum KPU melangkah ke tahapan selanjutnya, yakni penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Berdasarkan hasil penelitian dan pencocokan daftar pemilih beberapa waktu lalu, diketahui jumlah DPS di Pilkada Kota Malang mencapai 605.081 jiwa. Rinciannya DPS berjenis kelamin perempuan 306.798 jiwa, dan berjenis kelamin laki-laki mencapai 298.283 jiwa. Mereka tersebar di 1.400 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 57 kelurahan se-Kota Malang.

Mereka adalah pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018, serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang 2018.

Jumlah DPS ini menurun dibandingkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Malang untuk Pemilihan Presiden 2014. Ketika itu jumlah DPT mencapai 630.023 jiwa.

Pilkada serentah digelar 27 Juni 2018. Dua kontestan Pilgub Jatim adalah Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak, dan Saifullah Yusuf - Puti Guntur.

Sedangkan kontestan Pilwali Kota Malang adalah Yaqud Ananda Gudban - Ahmad Wanedi, M Anton - Syamsul Mahmud, dan Sutiaji - Sofyan Edi Jarwoko.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved