Breaking News:

Malang Raya

Kelola Sumber Air Jeding, Warga Junrejo Kota Batu Dapat Keuntungan, Apa Itu?

Sumber Air Jeding di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu kini dikelola oleh warga setempat.

Penulis: Sany Eka Putri | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Sumber Air Jeding, di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Minggu (1/4/2018). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Sumber Air Jeding di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu kini dikelola oleh warga setempat.

Setidaknya warga Desa Junrejo sudah sepuluh tahun mengelola sumber air tersebut. Bahkan mereka mendapatkan penghasilan dari pengelolaan sumber air tersebut.

Penghasilan itu dikarenakan warga sekitar bekerja sama dengan salah satu perusahaan untuk mengelola Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (Hippam).

Kepala Desa Junrejo, Andi Faisal Hasan mengatakan, dulu ada warga yang membutuhkan penyaluran air. Akhirnya mereka bekerja sama dengan warga Desa Junrejo untuk mengelola air dari Sumber Air Jeding.

"Awalnya itu dulu nyudet dari sumber ini tidak beraturan, sehingga menyebabkan sumber air di Jeding hampir habis debitnya. Lalu kami perbaiki, dan sekarang sudah pakai pipa di terowongan," kata Andi saat ditemui di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Minggu (1/4/2018).

Per meter kubiknya dihargai Rp 500. Penghasilan itu tidak masuk ke desa, tetapi untuk warga Desa Junrejo yang mengelola sumber itu. Faisal menambahkan, pengelolaan sumber ini sebenarnya bisa dikatakan legal, karena penghasilan untuk warga sendiri.

"Sebenarnya tidak ada yang dipermasalahkan sih, hanya saja ketakutan warga kalau air dari sumber ini habis," imbuhnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved