Malang Raya

Desain Anyar Stasiun Malang Bakal Dipajang

Stasiun Malang - dikenal luas dengan sebutan Malang Kotabaru- bakal dirombak.

Desain Anyar Stasiun Malang Bakal Dipajang
Sri Wahyunik
Stasiun Kotabaru, Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Stasiun Malang - dikenal luas dengan sebutan Malang Kotabaru- bakal dirombak. Saat ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih menggodok desain perombakan stasiun Kota Malang tersebut.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengakui saat ini desain baru untuk Stasiun Malang masih dibahas. "Ada perombakan desain (DED/Detail Engineering Design) di tahun ini. Nanti kalau sudah selesai akan kami umumkan," ujar Edi yang ditemui di sela-sela kegiatan inspeksi di Stasiun Malang, Kamis (12/4/2018).

Ia mengakui jika Stasiun Malang membutuhkan penataan ulang. Karenanya direksi PT KAI bersama konsultan membikin desain baru untuk pengembangan stasiun yang semakin tahun semakin ramai itu.

"Dan jika nanti desainnya sudah jadi, saya akan minta dibuatkan maket yang besar dan dipasang di depan sana. Supaya siapapun nanti yang jadi Dirutnya tidak mengubah rencana dari maket yang sudah dibuat, juga supaya tidak hilang," tegasnya.

Dari informasi yang dihimpun Surya, salah satu perubahan untuk Stasiun Malang adalah perubahan tampak depan. Jika saat ini, jalur keluar masuk penumpang ada di sisi barat jalur kereta, kemungkinan besar nanti jalur keluar masuk akan berada di sisi timur jalur kereta. Namun ada juga opsi, adanya dua jalur keluar masuk penumpang. Ada di sisi barat dan timur, dipisah berdasarkan kelas kereta. Ada jalur keluar masuk untuk penumpang KA lokal, yang terpisah dengan jalur keluar masuk penumpang KA jarak jauh.

Desain ini seperti terlihat di beberapa stasiun besar, seperti di Stasiun Surabaya Gubeng.

Sebelum menyentuh perombakan total, PT KAI sudah mulai menata perwajahan Stasiun Malang. Antara lain dengan menggusur beberapa toko di sisi utara loket lama. Kini area itu menjadi area tunggu penumpang yang lebih luas, dan juga area pembelian tiket selain 'go-show'.

Area loket lama hanya untuk pembelian tiket secara 'go-show' atau yang hendak naik di hari yang sama keberangkatan kereta api.

Di sisi lain, Stasiun Malang juga terkendala dengan area parkir dan area menurunkan dan menjemput penumpang di depan stasiun. Area parkir Stasiun berada di bahu jalan yang membuat kawasan tersebut padat kendaraan.

Stasiun Malang juga tidak memiliki zona menurunkan dan menaikkan penumpang di depan stasiun. Walhasil penumpang yang hendak naik kereta harus diturunkan di bahu jalan di depan stasiun

Tags
Malang
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved