Malang Raya

Sekolah Satu Atap di Kota Batu Terkendala Akses Internet yang Buruk saat UNBK

Dari sekian sekolah di Kota Batu hanya SMPN 3, SMPN 1, dan SMPN 2 yang menunggu selama 30 menit karena adanya permasalahan dari server pusat.

Sekolah Satu Atap di Kota Batu Terkendala Akses Internet yang Buruk saat UNBK
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim, Bambang Agus Susetyo, didampingi Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso saat memantau UNBK di SMPN 2, Senin (23/4/2018). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pemkot Batu memberikan sebanyak 254 unit komputer untuk seluruh sekolah di Kota Batu.

Namun sekolah Satu Atap (Satap) seperti di Pesanggrahan dan di Brau tidak bisa menggunakan komputer tersebut untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini.

Hal itu dikarenakan terkendala akses internet, karena lokasi sekolah yang jauh.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Mistin mengatakan, siswa Satap yang menjalani UNBK terpaksa harus menumpang di sekolah lain.

"Karena terpencil jadi sinyal internet tidak sampai ke sekolah Satap. Tapi kami sudah memberikan bantuan komputer kepada sekolah termasuk Satap," kata Mistin dijumpai di SMPN 2 saat pelaksanaan UNBK hari pertama, Senin (23/4/2018).

Ia berharap tahun depan siswa Satap bisa melaksanakan UNBK di sekolahnya masing-masing.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim, Bambang Agus Susetyo menambahkan, saat memantau UNBK SMP di Kota Batu memastikan kesiapan Pemkot Batu dalam prasarana saat UNBK.

Ia mengungkapkan lembaga di Kota Batu tercatat dalam lembaga yang tercatat penjaminan mutunya terbaik.

"Saat memantau kami lihat sudah bagus Kota Batu di lembaganya. Dan saat UNBK juga sudah siap aspek prasarana penunjang pelaksanaan UNBK," kata Bambang.

Di samping itu, dalam pelaksanaan UNBK SMP di hari pertama ini juga ada sedikit gangguan server dari Pusat. Sehingga siswa pada sesi pertama menunggu 30 menit pelaksanaan ujian.

Dari sekian sekolah di Kota Batu hanya SMPN 3, SMPN 1, dan SMPN 2 yang menunggu selama 30 menit karena adanya permasalahan dari server pusat. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved