Persija Jakarta

Tampil Licin saat Melawan Tampines Rovers, Riko Simanjuntak Panen Pujian dari Media Asing

Kendati tak mencetak gol pada pertandingan kali ini, Riko Simanjuntak menjadi salah satu pemain yang diganjar apresiasi oleh AFC

Editor: eko darmoko
bolasports.com
Pemain Persija, Riko Simanjuntak, beraksi kontra Song Lam Nghe An pada laga Grup H Piala AFC di Stadion Utama GBK, Rabu (14/3/2018). 

SURYAMALANG.COM - Riko Simanjuntak sukses mencuri perhatian publik setelah menyumbangkan tiga assist saat Persija Jakarta menumbangkan tuan rumah Tampines Rovers dengan skor 4-2 pada matchday terakhir Grup H Piala AFC 2018 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (24/4/2018).

Tiga assist yang disumbangkan Riko Simanjuntak berujung pada tiga gol awal Persija Jakarta yang dicetak oleh Rezaldi Hehanussa (21'), Marko Simic (45+1') dan Novri Setiawan (51').

Kendati tak mencetak gol pada pertandingan kali ini, Riko Simanjuntak menjadi salah satu pemain yang diganjar apresiasi oleh AFC akibat kontribusinya pada laga tersebut.

Berikut Heat Map Riko Simanjuntak selama bermain pada laga kontra Tampines Rovers:

Menurut analisa Fox Sports Asia, yang paling menarik dari pergerakan Riko Simanjuntak ialah sebagian besar tugasnya berada di sisi kanan pertahanan Persija.

Hal ini berarti bahwa, para pemain Tampines Rovers berusaha untuk mencegah Riko untuk memasuki wilayah pertahanan mereka.

Selain itu, skuat besutan Juergen Rabb juga berupaya untuk membatasi ruang gerak pemain berusia 26 tahun tersebut.

Tentu saja, Tampines Rovers telah belajar dari kekalahan telak Johor Darul Takzim (JDT) saat dibungkam Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, pada pekan kelima.

Pada laga tersebut, Tampines Rovers seharusnya menyadari betapa berbahayanya ketika Riko Simanjuntak mendapat ruang gerak di sisi kanan penyerangan Persija.

Hasilnya, klub berjulukan The Stags ini terlihat mampu mengambil pelajaran dari JDT.

Bermain kompak dan mengurangi ruang bebas di sisi kanan penyerangan Persija.

Namun, ketika tingkat kedisiplinan para pemain Tampines Rovers berangsur-angsur memudar, sisi kanan penyerangan skuat Macan Kemayoran mulai terbuka.

Dan di situlah, Riko Simanjutak sukses mengirimkan umpan matang berbuah gol kepada Rezaldi Hehanusa pada menit ke-21, Marko Simic pada menit ke-45 dan Novri Setiawan pada menit ke-51.

Tiga assist ini menjadi bukti bahwa mantan pemain Semen Padang ini tak semestinya mendapatkan kebebasan dalam bergerak di sisi kanan pertahanan Ismed Sofyan dan kolega.

Tak heran apabila performa Riko mendapat pujian setinggi langit dari media asing, Fox Sports Asia.

"Dia (Riko, red) memang tak mencatatkan diri di papan skor. Namun kemampuannya dalam menggiring bola dan kecepatannya berhasil menghadirkan masalah untuk lini bertahan Tampines Rovers di sepanjang malam," tulisnya, dilansir dari Fox Sports Asia.

Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved