Breaking News:

Nasional

Fredrich Yunadi Berkelit, Jaksa KPK Putar Rekaman Video Saat di Rumah Setya Novanto

Video tersebut bahkan menayangkan secara utuh saat Fredrich keluar dari rumah Novanto menuju mobilnya, dan...

Editor: yuli
KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN
Jaksa KPK memutar video rekaman dalam persidangan terhadap Fredrich Yunadi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (7/5/2018). 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memutar tayangan video dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (7/5/2018).

Video tersebut sengaja ditampilkan jaksa untuk membuktikan keterangan terdakwa Fredrich Yunadi yang menyangkal salah satu fakta.

"Jika diizinkan kami akan putarkan rekaman penyidik untuk membuktikan fakta yang tadi disangkal oleh terdakwa," ujar jaksa KPK Roy Riady.

Awalnya, penyidik KPK Riska Anungnata yang dihadirkan sebagai saksi mengatakan, Fredrich Yunadi sempat tidak dapat menunjukkan surat kuasa pengacara saat penyidik menggeledah kediaman Setya Novanto pada 15 November 2017 lalu.

Menurut Riska, pada saat itu Fredrich sempat keluar dari kediaman Novanto dan mengambil beberapa dokumen yang berada di dalam mobilnya. Namun, setelah mengambil beberapa dokumen, menurut Riska, Fredrich tetap tidak dapat menunjukkan surat kuasa yang menerangkan bahwa dia adalah pengacara Setya Novanto.

Namun, keterangan Riska itu dibantah dengan tegas oleh Fredrich. Dia menilai, keterangan Riska yang disampaikan di pengadilan itu tidak benar dan tidak sesuai fakta.

"Mana mungkin saya mengambil dokumen ke mobil, apalagi mobil saya itu diparkir di seberang rumah Pak Novanto. Di luar sangat ramai, kalau saya keluar sudah tidak bisa masuk lagi," kata Fredrich.

Atas bantahan itu, Riska sempat menanyatakan ragu-ragu. Ia tidak dapat mengingat dengan jelas apakah Fredrich sempat keluar dan mengambil dokumen di mobilnya.

Namun, jaksa KPK ternyata memiliki rekaman video yang diambil oleh tim penyidik saat menggeledah rumah Setya Novanto.

Video tersebut menayangkan secara jelas saat Fredrich duduk dan berbicara dengan penyidik KPK di ruang tamu kediaman Novanto.

Video tersebut bahkan menayangkan secara utuh saat Fredrich keluar dari rumah Novanto menuju mobilnya, dan kembali lagi ke dalam rumah Novanto untuk menemui penyidik.

"Ternyata memang benar ingatan saya. Saya semakin yakin yang bersangkutan keluar mengambil tas untuk ambil dokumen surat kuasa, tetapi tetap tidak bisa menunjukkan," kata Riska.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jaksa Buktikan Keterangan Fredrich Tidak Benar Lewat Pemutaran Video", https://nasional.kompas.com/read/2018/05/07/20271841/jaksa-buktikan-keterangan-fredrich-tidak-benar-lewat-pemutaran-video. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved