SBMPTN

Rektor UB dan UIN Maliki Malang Dukung Ujian SBMPTN Pakai HP, Alasannya Bisa Lebih Efisien

Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof M Bisri mengatakan SBMPTN ke depan sangat efisien

Rektor UB dan UIN Maliki Malang Dukung Ujian SBMPTN Pakai HP, Alasannya Bisa Lebih Efisien
SURYAMALANG.com/Sylvianita Widyawati
Berita Malang Bisri 

SURYAMALANG.com, Malang - Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof M Bisri mengatakan jika Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ke depan akan lebih banyak memfaatkan HP android maka sangat efisien

"Kalau UTBK ( Ujian Tulis Berbasis Komputer) ditingkatkan memakai android, saya setuju saja. Sebab efisien," jelas Bisri kepada suryamalang.com, Selasa (8/5/2018).

Efisien waktu antara lain seperti waktu pengumuman bisa jadi lebih cepat.

"Kalau sekarang lama. Ujian Mei diumumkan Juli.

Kalau pakai android mungkin koreksi jawaban tiga sampai empat hari," kata dia usai meninjau ujian di FKG UB. Kata dia, SBMPTN pakai android nampaknya sudah waktunya.

Dari perguruan tinggi tak perlu banyak menyediakan komputer, namn bisa memanfaatkan smartphone peserta yang compatible untuk aplikasi ujian.

"Mungkin kampus tinggal menambah jumlah colokan ya. Misalkan buat charge HP," kata dia.

Sambutan positif juga Dr Zainudin, Wakil Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim.

"Efisien juga karena peserta bawa sendiri. Tapi pemerintah juga harus memikirkan antisipasi jika terjadi sesuatu," ujar dia.

Dalam 10 tahun pelaksanaan SBMPTN, baru tahun ini ada ujicoba memakai HP android sebanyak 1000 peserta di Universitas Padjajaran Bandung.

Sisanya, peserta memakai UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak) dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Namun porsi terbanyak masih di UTBC.

Sehingga butuh pengamanan naskah. Seperti di Panlok 55, bahan ujian UTBC sudah dikarantina sejak Sabtu (5/5/2018) lalu. Dan baru didistribusikan ke peserta pada saat pelaksanaan SBMPTN (8/5/2018).

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved