Breaking News:

Universitas Islam Malang

Farida Rusnianah, Doktor Baru di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang

Dr dr Farida Rusnianah MKes, Wakil Dekan FK, baru menyelesaikan program doktornya di S3 Ilmu Kedokteran Universitas Indonesia (UI).

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: yuli
sylvianita widyawati
Dr dr Farida Rusnianah MKes, Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Unisma. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Jumlah doktor bertambah di Fakultas Kedokteran ( FK) Universitas Islam Malang (Unisma).

Dr dr Farida Rusnianah MKes, Wakil Dekan FK, baru menyelesaikan program doktornya di S3 Ilmu Kedokteran Universitas Indonesia (UI).

Disertasinya tentang "Inovasi Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Tempat Kerja untuk Peningkatan Kompetensi Pelayanan Komprehensif Berpusat pada Pasien bagi Dokter di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama".

"Responden saya para dokter di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di DKI Jakarta," jelas Farida kepada Suryamalang.com, Senin (28/5/2018). Dengan adanya pelayanan BPJS, maka tidak semua pasien langsung ke RS rujukan. Tapi masyarakat bisa puas terlayani di FKTP.

"RS sering dianggap lebih dibanding faskes tingkat pertama," kata dia. Dijelaskan dia, penelitiannya untuk mengembangkan model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Tempat Kerja (PPBTK). Ini sebagai alternatif pembelajaran yang tidak semata berbasis universitas serta untuk mencapai keahlian yang benar (true expert) dan aplikatif.

Dengan begini, maka model dirancang untuk meningkatkan kompetensi para dokter di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) tentang pelayanan komprehensif berpusat pada pasien. Dijelaskan dia, penelitiannya melibatkan pasien, praktisi, pendidik dan ahli pendidikan, ahli layanan primer serta klinisi.

Pesan yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah bukti bahwa dokter di FKTP memerlukan adanya model pembelajaran yang mampu meningkatkan kompetensi mereka dalam pelayanan komprehensif berpusat pada pasien.

Ditambahkan dosen Kesehatan Masyarakat Unisma ini, pembuktian dalam penelitian ini juga memberi harapan bahwa model dapat menjadi alternatif pembelajaran dalam pendidikan post graduate untuk meningkatkan kompetensi dokter di FKTP yang bersinergi dengan program negara dalam penguatan layanan primer.

"Rekomendasi dari hasil riset ini akan direkomendasikan ke BPJS, PPSDM Kemenkes, pendidikan profesi kedokteran post graduate untuk diimplementasikan. Untuk itu, UI yang akan bersurat untuk rekomendasinya," papar Farida yang menyelesaikan S1 di UB dan S2 di Unair Surabaya ini.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved