Pilkada Kota Malang

KPU Kota Malang Besok Hitung Suara Pilwali dan Pilgub Jatim

KPU Kota Malang menggelar rekapitulasi suara hasil Pemilihan Wali Kota Malang dan Pemilihan Gubernur Jatim, Kamis (5/7/2018).

sri wahyunik
Pemilahan hasil C1 di KPU Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menggelar rekapitulasi suara hasil Pemilihan Wali Kota Malang dan Pemilihan Gubernur Jatim, Kamis (5/7/2018). Acara digelar di Kantor KPU KOta Malang, mulai pukul 09.00 Wib.

Komisioner KPU Kota Malang Ashari Husen mengatakan, rekapitulasi secara manual suara hasil Pilwali dan Pilgub itu bakal diikuti oleh sejumlah pihak.

"KPU, Panwaslu, serta masing-masing Paslon dihadiri dua orang saksi. Jadi besok ada 10 orang saksi. Namun kalau calon kepala daerah yang bersangkutan mau ikut hadir ya silahkan," ujar Ashari.

Rekapitulasi suara hasil Pilkada 2018 di tingkat kota/kabupaten dijadwalkan mulai 4 Juli hingga 6 Juli 2018. Kota Malang memilih di tanggal 5 Juli.

Berdasarkan hasil hitung cepat, untuk Pilwali Kota Malang dimenangkan oleh pasangan calon Sutiaji - Sofyan Edi Jarwoko. Hasil akhir perolehan suara menunggu rekapitulasi suara secara manual itu.

Setelah rekapitulasi tingkat kota selesai, akan diketahui apakah akan ada sengketa hasil Pilkada atau tidak. "Karena biasanya kalau sengketa hasil Pilkada itu diketahui setelah rekapitulasi suara di tingkat kota atau kabupaten selesai," imbuh Ashari.

Karenanya, Ashari belum memastikan apakah akan ada sengketa hasil Pilkada di Kota Malang yang akan didaftarkan ke Mahkamah Konstitusi (MK). 

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved