Pilkada Kota Malang

Pilkada Kota Malang Ada Catatan Namun Tanpa Gugatan ke Mahkamah Konstitusi

Ketua DPC PDIP KOta Malang I Made Rian DK mengatakan pasangan Menawan menerima hasil Pilkada Kota Malang 2018.

Pilkada Kota Malang Ada Catatan Namun Tanpa Gugatan ke Mahkamah Konstitusi
sri wahyunik
Mantan Calon Wakil Wali Kota Malang Syamsul Mahmud (dua dari kanan) saat konferensi pers bersama tim Asik di Kantor DPC PKB Kota Malang, Senin (9/7/2018) 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Perjalanan kemenangan pasangan Sutiaji - Sofyan Edi Jarwoko (Sae) paska rekapitulasi suara Pilwali Kota Malang bakal lancar sampai ke tahapan pelantikan. Sebab tidak ada pihak-pihak yang menyatakan bakal mengajukan gugatan sengketa Pilkada Kota Malang ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Dua pasangan yang menjadi rival Sutiaji - Edi memastikan tidak akan menggugat hasil Pilkada. Pasangan Menawan (Yaqud Ananda Gudban - Wanedi) sejak jauh hari mengatakan tidak akan menggugat hasil Pilkada.

Beberapa waktu lalu, salah satu Parpol yang mengusung Paslon Menawan, PDIP kembali menegaskan tidak akan menggugat dan menerima hasil Pilkada Kota Malang 2018.

Pernyataan gugatan bisa disampaikan melalui MK, setidaknya lima hari paska rekapitulasi suara di tingkat KPU Kota Malang.

Senin (9/7/2018) pihak pasangan Asik (Anton - Syamsul Mahmud) di hadapan awak media menegaskan tidak akan melayangkan gugatan ke MK.

"Kami tidak akan melakukan gugatan hukum, baik untuk hasil Pilkada maupun proses Pilkada," ujar Koordinator Tim Hukum DPC PKB Kota Malang, Hamka. PKB bersama dengan PKS dan Gerindra adalah Parpol pengusung pasangan Asik.

Meskipun tidak akan melayangkan gugatan hukum, tim hukum dan tim sukses pasangan Asik memberikan sejumlah catatan.

Catatan penting yang disampaikan oleh pasangan Asik adalah tidak terdistribusinya surat undangan memilih atau formulir C-6. "Ada lebih dari 30 ribu surat undangan mencoblos tidak terdistribusi karena sejumlah faktor. Kalau ditotal kan berarti sekitar 5 persen tidak terdistribusi. Faktor tidak terdistribusi karena tidak dapat ditemui saja sekitar 11 ribu," kata Hamka.

Karenanya meskipun menerima hasil Pilkada, tim Asik memberikan catatan untuk proses pelaksanaan Pilkada.

Catatan tentang tidak terdistribusinya formulir C-6 itu termasuk dalam proses pelaksanaan Pilkada.

Halaman
12
Tags
Malang
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved