Malang Raya

Tercatat Sementara, Hanya Satu Partai yang Mendaftarkan Calon Legislatifnya ke KPU Kota Malang

Pada H-2 batas akhir pendaftaran calon legislatif di KPU Kota Malang hanya ada satu partai saja yang mendaftarkan para kadernya.

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Sekretaris DPD Berkarya Kota Malang, Sukatno menandatangani berkas saat mendaftarkan para kadernya menjadi caleg, Minggu (15/7/2018). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Pada H-2 batas akhir pendaftaran calon legislatif di KPU Kota Malang hanya ada satu partai saja yang mendaftarkan para kadernya.

Partai itu adalah Partai Berkarya. Partai Berkarya tiba di KPU Kota Malang sekitar pukul 12.00 wib, Minggu (15/7/2018).

Sekretaris DPD Berkarya Kota Malang, Sukatno mengatakan ada 36 orang yang didaftarkan di KPU Kota Malang.

"Sementara yang sudah kami daftarkan di KPU ada 36 orang dari lima dapil atau lima kecamatan," ujar Sukatno, Minggu (15/7/2018).

Dilanjutkan Sukatno, secara umum persyaratan pemberkasan sudah dipenuhi. Namun ada beberapa hal yang perku dilengkapi seperti surat keterangan bebas narkoba dan SKCK.

"Bukan kendala kami, karena hanya masalah waktu," paparnya.

Dari nama-nama yang disodorkan, kata Sukatno sebagian besar adalah calon-calon baru. Calon-calon baru yang tergabung dalam kelompok muda dan tua.

Berkarya menjadi partai pertama yang mendaftar. Pendaftaran itu sesuai instruksi dari pusat.

"Kami menjalankan proses ini, sesuai aturan main dan petunjuk tingkat satu dan pusat," imbuhnya.

Menanggapi partainya yang masih baru, Sukatno mengatakan perlu banyak belajar dengan partai-partai besar lainnya. Ia juga optimis kalau kadernya akan ada yang lolos karena menurutnya ada respon positif kepada Berkarya.

"Di lapangan ada respon positif dari kaum muda maupun teman yang sudah berkancah politik. Itu indikasi kalau partai kami layak," tegasnya.

Ketua KPU Kota Malang Zaenudin mengatakan pendaftaran pada Minggu ditutup hingga pukul 16.00 WIB. Sedangkan pendaftaran oada hari akhir nanti, Selasa (17/7/2018), KPU akan terbuka hingga pukul 24.00 wib.

"Ini memang partai pertama. Tadi datangnya jam 12. Kami buka sampai pukul 16.00 wib hari ini," katanya.

Terkait masih belum banyaknya parpol yang mendaftar, Zaenudin tidak terlalu gusar. Ia menjelaskan biasanya menjelang injury time banyak parpol yang nendaftar.

KPU pun sudah mempersiapkan tim agar pendaftaran di detik-detik akhir nanti tidak terkendala. Ia juga mengimbau agar ketika melakukan pendaftaran membawa persyaratan yang lengkap.

"Satu partai maksimal 45 orang. Tapi nanti kami siapkan tim untuk mengantisipasi pendaftar di hari akhir," jelas Zaenudin.

Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved