Breaking News:

Malang Raya

652 Bacaleg dari 15 Parpol Terdaftar di KPU Kabupaten Malang

ada satu Parpol yakni Partai Garuda yang ditunggu hingga pukul 00.00 WIB tidak mendaftarkan Bacaleg ke KPU Kabupaten Malang

SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Prosesi pendaftaran Bacaleg oleh Parpol ke KPU Kabupaten Malang pada Selasa (17/7/2018) 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Sebanyak 652 bakal calon legislatif DPRD Kabupaten Malang didaftarkan 15 Parpol ke KPU. Terdiri 352 Bacaleg laki-laki dan 300 Bacaleg perempuan atau keterwakilan perempuan mencapai 46 persen.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko mengatakan, ada satu Parpol yakni Partai Garuda yang ditunggu hingga pukul 00.00 WIB tidak mendaftarkan Bacaleg ke KPU Kabupaten Malang.

"Dengan demikian, Partai Garuda tidak memiliki Bacaleg DPRD Kabupaten Malang dalam Pileg 2019 mendatang," kata Santoko, Rabu (18/7/2018).

Dijelaskan Santoko, dari 15 Parpol yang telah mendaftarkan Bacaleg ke KPU Kabupaten Malang ada 5 Parpol yang jumlah pendaftar Caleg tidak sampai maksimal 50 calon. Yakni Partai Hanura 45 Bacaleg, Partai Perindo 44 Bacaleg, PKPI 15 Bacaleg, Partai Bulan Bintang 32 Bacaleg, dan Partai Solidaritas Indonesia 16 Bacaleg.

Sedangkan 10 Parpol lain mendaftarkan Bacaleg dalam jumlah maksimal 50 Bacaleg. Para Bacaleg tersebut tersebar di 7 daerah pemilihan di Kabupaten Malang. Di mana untuk 6 Dapil masing-masing memperebutkan 7 kursi DPRD Kabupaten Malang dan 1 Dapil memperebutkan 8 kursi DPRD.

"Pembagian kursi di setiap Dapil tersebut lebih didasarkan pada jumlah penduduknya," ucap Santoko.

Semua Parpol, dikatakan Santoko, masih memiliki kesempatan untuk mengganti Bacalegnya apabila dalam berkas pendaftaran setelah dilakukan penelitian dan verifikasi dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sesuai peraturan dan ketentuan KPU RI.

"Jadi ada tahapan waktu tersendiri untuk pergantian Bacaleg itu," ucap Santoko.

Sementara Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Malang, Sutrisno Murdi mengatakan, partainya dalam mendaftarkan Bacaleg tidak 100 persen jumlah yang diperbolehkan atau 50 Bacaleg karena didasarkan pada pertimbangan potensi kemenangan. Hanura hanya mendaftarkan Bacaleg di Dapil yang memiliki potensi mendapatkan suara terbanyak dalam Pileg 2019 mendatang.

"Itulah mengapa kami hanya mendaftarkan 45 Bacaleg DPRD Kabupaten Malang, tidak seperti Parpol lain yang mendaftar dalam jumlah maksimal 50 Bacaleg," kata Sutrisno Murdi.

Mengenai target perolehan kursi DPRD Kabupaten Malang dalam Pileg 2019 mendatang, tambah Sutrisno Murdi, Partai Hanura tidak muluk-muluk. Dan diharapkan di setiap Dapil nantinya dapat memperoleh satu kursi DPRD dinilai sudah cukup memenuhi target.

"Jadi target kursi tidak terlalu berlebihanlah, sesuai kemampuan saja," tutur Sutrisno Murdi.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved