Breaking News:

Mojokerto

Perburuan Ular Sanca Kembang di Mojokerto, Temukan Lebar Jejak Penampakan Berukuran 20 Cm

BBKSDA Jawa Timur wilayah Mojokerto-Sidoarjo mendatangi lokasi penangkapan ular Sanca Kembang berukuran jumbo di Desa Sekargadung, Kecamatan Pungging

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: eko darmoko
mohammad romadoni
Warga dibuat resah dengan adanya hewan liar yaitu sejumlah ular Sanca Kembang berukuran besar di Dusun Unengan, Desa Sekargadung, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. 

SURYAMALANG.COM, MOJOKERTO - Rombongan anggota Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur wilayah Mojokerto-Sidoarjo mendatangi lokasi penangkapan ular Sanca Kembang berukuran jumbo di Dusun Unengan, Desa Sekargadung, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Rabu (18/7/2018).

Kedatangan mereka untuk melakukan investigasi terkait keberadaan sarang ular Sanca Kembang yang diduga kuat berada di dekat sungai aliran irigasi sekitar 100 meter dari Goa Unengan.

Abdul Khalim, Kepala Resort Konservasi Wilayah Mojokerto-Sidoarjo BBKSDA Jatim menjelaskan sesuai keterangan dari warga setempat menyakini adanya sarang ular Sanca Kembang di bawah tanah di sekitar Goa Unengan.

Informasi tersebut cukup masuk akal lantaran karakteristik Goa Unengan terdiri dari susunan batu alam mempunyai tingkat kelembapan yang menjadi habitat ular liar.

Baca: Ular Sanca Kembang yang Teror Mojokerto Bisa Tumbuh Lebih Besar Ketimbang Anaconda Amazon

Baca: Ular Sanca Kembang Teror Mojokerto, Warga Pilih Menangkapnya Hidup-hidup Karena Alasan Ini

"Kami melaksanakn perintah pimpinan dalam rangka investigasi terkait keberadaan ular Sanca Kembang di kampung Unengan yang kemarin ditemukan oleh warga setempat," ujarnya kepada SURYAMALANG.COM.

Dia mengatakan anggotanya sempat meninjau lokasi melakukan penyisiran di area perkebunan dan aliran sungai irigasi hingga ke mulut goa Unengan untuk mencari keberadaan sarang ular tersebut.

Pihaknya menemukan bekas jejak ular berukuran besar yang mengarah masuk ke mulut goa Unengan sebelah timur. Ada tiga mulut goa di lokasi penemuan ular tersebut.

"Kami tidak tahu berapa besarnya ular itu karena kan ular jalannya zig zag namun tadi sempat diukur lebarnya jejak ular sekitar 20 Cm," ungkapnya.

Khalim memaparkan ditinjau dari jejak bekas ular Sanca Kembang tersebut diperkirakan masih baru. Pasalnya, jejak ular itu berada di atas permukaan tanah halus sehingga jejak itu terlihat cukup jelas. Diperkirakan jejak itu merupakan seringkali digunakan untuk keluar-masuk ular Sanca Kembang ke dalam sarangnya.

"Kami memperkirakan jejak ini masih baru tadi malam karena masih terlihat sangat jelas," bebernya.

Baca: Ular Sanca Raksasa Teror Mojokerto, Kaum Wanita Diselimuti Resah, Sudah 10 Ular Ditangkap

Baca: Bikin Merinding, Ada Goa Sarang Ular Sanca Kembang, Warga Tangkap 8 Ekor

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved