Breaking News:

Malang Raya

Jelang Rakernas APEKSI, Presiden Jokowi Panggil Wali Kota

Jelang Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota se Indonesia (APEKSI), Presiden Jokowi mengundang wali kota anggota Apeksi di Istana Bogor

Editor: Zainuddin
istimewa
Presiden Joko Widodo bertemu dengan wali kota anggota Apeksi di Istana Bogor pada Senin (23/7/2018). 

MALANG - Jelang gawe Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota se Indonesia (APEKSI), Presiden Jokowi mengundang wali kota anggota Apeksi di Istana Bogor (23/7/2018).

Plt Wali Kota MalangSutiaji yang hadir secara langsung menginformasikan pertemuan dalam kerangka mengalirkan beberapa issue strategis yang muncul di daerah dan juga akan dikaji dalam Rakernas Apeksi yang dihelat di kota Tarakan (23-28 Juli 2018).

Seperti dituturkan kembali oleh Plt Wali Kota Malang,  Presiden Jokowi membuka rapat dengan menyampaikan beberapa hal terkait dengan kondisi perekonomian nasional ditengah perang dagang ekonomi saat ini antara Amerika vs China.

Dikatakannya, ada dampak yang cukup terasa akibat kenaikan suku bunga The Fed terhadap Rupiah yang berada diluar kontrol pemerintah.

“Suasana sangat gayeng,  karena kita (red. wali kota) diberikan ruang yang cukup untuk menyampaikan ragam permasalahan di daerah atau pun merespon issue issue skala nasional yang juga berdampak ke bawah,” tutur Sutiaji, wali Kota Malang terpilih untuk periode 2018-2013.

Diantara isu yang diangkat para wali kota kepada presiden adalah menyoroti masalah dana kelurahan sebagai pengganti dana desa, kemudian tunjangan penghasilan kepala daerah yang terlalu kecil, sementara disisi lain anggaran untuk DPRD dan tunjangan kinerja (Tukin) aparatur sipil negara (ASN) sudah naik.

Masalah anggaran dana alokasi khusus (DAK) juga diperbincangkan.

Menurut para wali kota, proses memperoleh DAK harap dipermudah agar proses selama ini yang sering berbelit di DPR/ kementerian bisa diminimalisir.

Hal lain terkait   kewenangan mengurus SLTA dikembalikan ke kab/kota, masalah ASN dan Kategori II (K2) yang tidak lolos seleksi dan berbagai isu lokal di daerah masing-masing.

Dari apa yang diikuti Plt Wali Kota Malang, Presiden Jokowi berusaha merespon seluruh persoalan yang dikemukan dengan lugas dan clear sesuai gaya khas seorang Jokowi, seperti tanggapan soal belanja APBD yang tidak efektif dan suka memperbanyak belanja rutin.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved