Breaking News:

Piala AFF

Tak Banyak Lakukan Rotasi saat Hadapi Myanmar, Ini Makna Tersembunyi Pelatih Timnas U-16

Timnas Indonesia U-16 tidak banyak melakukan rotasi pemain kala menghadapi Timnas Myanmar U-16 di laga kedua babak penyisihan

SURYAMALANG.COM/Sugiharto
Timnas Indonesia U-16 sebelum laga menghadapi Myanmar, Selasa (31/7/2018) 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO – Timnas Indonesia U-16 tidak banyak melakukan rotasi pemain kala menghadapi Timnas Myanmar U-16 di laga kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa malam (31/7/2018).

Dari 11 pemain utama, hanya terdapat dua perubahan pemain dari laga sebelumnya, yaitu memainkan Bagus Kahfi dan Rendy Juliansyah menggantikan peran Andre Oktaviansyah dan Sutan Diego, selebihnya masih pemain yang sama.

Begitu juga pergantian pemain, di laga itu pelatih Fakhri Husaini hanya melakukan tiga pergantian pemain. Dua di antaranya dilakukan di babak kedua, yaitu memasukkan Andre Oktaviansyah menit 33 menggantikan Rendy Juliansyah, Amanar Abdillah menit 41 menggantikan Muhammad Fajar, dan Sutan Diego menggantikan Mochammad Supriadi menit 80.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan laga sebelumnya saat pelatih asal Aceh itu melakukan pergantian sebanyak lima pemain.

Menurut Fakhri Husaini, tidak banyak melakukan rotasi di laga ini tidak lain karena ingin mengamankan hasil, utamanya karena lawan yang dihadapi adalah tim dengan permainan yang bagus.

“Penting ketika pertandingan berlangsung ketat saya mengamankan hasil, tentu saya betul-betul harus jeli untuk merubah atau mengganti pemain, dan saya melihat sampai sejauh ini penggantian dua pemain utama itu tidak masalah,” ungkapnya, Rabu (1/8/2018).

Ditambahkan, memasuki akhir babak pertama timnya menemui masalah di  tengah, utamanya saat menghadapi serangan Myanmar dari bola panjang, sehingga rotasi pemain dilakukan.

“Rendy di gelandang. Rendy bagus saat punya bola, tapi ketika kehilangan bola, kami seperti bermain hanya dengan dua gelandang saja. Nah ini kenapa saya masukkan Andre untuk menggantikan Rendy supaya ada yang bisa membantu David dan Brylian,” terang Fakhri.

Hasil ini memperpanjang rekor tidak pernah menang Timnas U16 Myanmar atas Indonesia, karena di dua laga sebelumnya, skuat asuhan Fakhri Husaini itu berhasil meraih kemenangan, satu kali hasil imbang.

Menang 4-1 di ajang Tien Phong Plastic 2017 di Vietnam, meraih hasil imbang 2-2 pada Piala AFF U15, 2017 di Thailand.

Penulis: Khairul Amin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved