Breaking News:

Kediri

Pencak Dor, Gaya Tarung Bebas Ala Pendekar Kediri dan Sekitarnya

Pencak Dor merupakan gaya tarung bebas yang telah berlangsung sejak lama. Kegiatan ini juga untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal.

didik mashudi
Pendekar yang bertarung dalam Pencak Dor di Lapangan Kelurahan Tamanan, Kota Kediri, Sabtu (8/8/2018) malam. 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Puluhan pendekar dan jawara pencak mengikuti pertandingan Pencak Dor yang berlangsung di Lapangan Kelurahan Tamanan, Kota Kediri, Sabtu (8/8/2018) malam.

Pertandingan Pencak Dor ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Kediri ke 1.139.

Para pendekar yang bertanding tidak hanya dari Kota Kediri tapi juga dari sejumlah daerah di sekitar Kediri. Ya, pertarungan gaya bebas ala Pencak Dor hanya terdapat di wilayah Kediri dan sekitarnya, seperti Blitar, Tulungagung dan Nganjuk.

Pertandingan Pencak Dor ini juga disaksikan ratusan masyarakat.

Pencak Dor merupakan gaya tarung bebas yang telah berlangsung sejak lama. Kegiatan ini juga untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal.

Pertandingan Pencak Dor digelar di atas panggung ukuran 8 x 8 meter yang menjadi ring atau arena bertanding. Selama pertandingan juga ada wasitnya.

Pemain yang bertanding sama-sama naik ke atas panggung. Pertandingan diawali dengan salaman kedua pendekar, setelah itu kedua pendekar bertarung.

Pendekar yang bertarung dalam Pencak Dor di Lapangan Kelurahan Tamanan, Kota Kediri, Sabtu (8/8/2018) malam.
Pendekar yang bertarung dalam Pencak Dor di Lapangan Kelurahan Tamanan, Kota Kediri, Sabtu (8/8/2018) malam. ()

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar yang hadir pada Pencak Dor memberikan apresiasinya.

"Saya mewakili Pemerintah Kota Kediri mengucapkan terima kasih untuk panitia yang telah memfasilitasi dan bersama-sama untuk menguri-uri kebudayaan kita. Di pencak dor ini kalau di atas adalah lawan, kalau di bawah adalah kawan," ungkapnya.

Wali Kota Kediri ini berharap acara ini dapat membawa keberkahan untuk Kota Kediri ke depan.

Diharapkan kegiatan pertandingan Pencak Dor semua pihak menjaga keamanan dan ketertiban. Sehingga kegiatan serupa yang diselenggarakan bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Pertandingan Pencak Dor juga dihadiri Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, Komandan Brigif Mekanis 16 WY/Kediri Kol Inf Slamet Riadi dan Ketua Pencak Dor Kediri Agus Zainal Abidin.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved