Persela Lamongan

Formasi Baru Jadi Kunci Kemenangan Persela saat Menjamu Bhayangkara FC

Ada pemandangan menarik di balik kemenangan 2-0 Persela Lamongan atas Bhayangkara FC pada lanjutan laga pekan ke-22 Liga 1

Formasi Baru Jadi Kunci Kemenangan Persela saat Menjamu Bhayangkara FC
SURYAMALANG.COM/Sugiharto
Persela Lamongan vs Bhayangkara FC di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (16/9/2018). 

SURYAMALANG.COM, LAMONGAN – Ada pemandangan menarik di balik kemenangan 2-0 Persela Lamongan atas Bhayangkara FC pada lanjutan laga pekan ke-22 Liga 1 di Stadion Surajaya Lamongan, Minggu (16/9/2018).

Salah satunya karena di laga itu tim tuan rumah Laskar Joko Tingkir tampil dengan formasi baru, formasi yang sebelumnya belum pernah digunakan, yaitu formasi 4-3-2-1. Jauh berbeda dengan formasi yang selama ini sering digunakan, yaitu formasi 4-3-3.

Meskipun baru digunakan dan hanya lakukan sekali latihan, pelatih Persela, Aji Santoso mengungkapkan bahwa formasi ini efektif bisa membendung permainan agresif lawan, utamanya di lini tengah.

“Kami tampil dengan formasi baru, saya memakai formasi 4-3-2-1, formasi ini latihannya hanya sekali, karena memang tidak ada waktu, tapi Alhamdulillah tiga gelandang yang bermain, (Subagja) Basith, Syahroni, dan (Ahmet) Atayev sangat efektif,” terangnya.

Ditambahkan, Aji menegaskan penggunaan formasi baru ini setelah mempelajari taktik dan strategi yang biasa digunakan lawan, menurutnya Bhayangkara FC selama ini tidak mengandalkan permainan sayap.

“Mereka (Bhayangkara FC, red) tidak memakai wing, banyak menumpuk pemain ditengah, kalau saya pakek wing pasti kalah,” ujar pelatih asal Malang tersebut.

“Saya pakek lima pemain ditengah, tiga gelandang bertahan dua gelandang serang, jadi saat kalah bola, lima pemain ini sangat berdeketan, itu yang menjadikan pertahanan kami susah ditembus, sehingga perebutan bola di lini tengah selalu menang,” tambahnya.

Melihat efektifnya skema yang dimainkan, Aji membuka peluang formasi itu juga akan digunakan dilaga selanjutnya kala tandang ke markas PSMS Medan di Stadion Teladan, Jumat (21/9/2018).

“Kita lihat nanti seperti apa, kita lihat perkembangan anak-anak, tidak menutup kemungkinan formasi ini akan saya gunakan saat bermain di Medan nanti, kita lihat dulu situasinya seperti apa,” pungkasnya.

Penulis: Khairul Amin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved