Nasional

Bawaslu Usul Foto Caleg Eks Koruptor Dipampang Di TPS

Bawaslu mengusulkan agar petugas KPPS nantinya dapat memasang foto dan nama caleg eks koruptor di Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Bawaslu Usul Foto Caleg Eks Koruptor Dipampang Di TPS
Tribunnews
ilustrasi.

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendukung usulan ditandainya calon anggota legislatif berstatus bekas koruptor di surat suara. Opsi lain, Bawaslu mengusulkan agar petugas kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) nantinya juga dapat memampang foto dan nama caleg eks koruptor di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Silakan, misalnya, kita kasih tanda di surat suara," kata Komisioner Bawaslu, Fritz Edward Siregar di Posko Cemara, Jakarta, Selasa (18/9/2018).

"Atau misalkan ada pengumuman caleg mana saja yang pernah menjadi mantan napi koruptor, misalnya dibuat di TPS ada daftarnya atau fotonya," sambung dia.

Dikatakan Fritz, Bawaslu sudah berdiskusi terkait hal tersebut dengan KPU jauh sebelum adanya PKPU 20 Tahun 2018 yang melarang eks narapidana kasus korupsi menjadi caleg. Larangan tersebut sudah dibatalkan Mahkamah Agung karena dianggap bertentangan dengan UU Pemilu.

"Bawaslu sejak awal telah meminta pada KPU dan Komisi II bahwa Bawaslu juga mendukung gerakan antikorupsi. Itu yang telah kami sampaikan," kata dia.

Sementara Pascaputusan MA, sebagian parpol peserta pemilu tetap tidak akan mengusung caleg eks koruptor. Namun, ada beberapa parpol yang bersikukuh mengusung eks koruptor sebagai calon wakil rakyat.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved