Breaking News:

Lamongan

Door To Door, PMK Lamongan Sosialisasi Pencegahan Musibah Kebakaran Ke Warga

Sosialisasi tersebut dilaksanakan dari pintu ke pintu oleh petugas Damkar untuk bertemu langsung dengan penghuni rumah yang jadi sasaran

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Achmad Amru Muiz
surya malang/Hanif Manshuri
Petugas Damkar Kabupaten Lamongan memberikan sosialisasi antisipasi musibah kebakaran langsung kepada warga, Jumat (21/9/2018) 

SURYAMALANG.COM, LAMONGAN - Upaya menekan angka kebakaran di Kabupaten Lamongan intensif dilakukan UPT Pemadam Kebakaran (Damkar). Kali ini upaya yang dilakukan dengan sosialisasi ke tengah-tengah masyarakat.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan dari pintu ke pintu oleh sejumlah petugas Damkar untuk bertemu langsung dengan penghuni rumah yang jadi sasaran.

Dengan membawa alat pemadam kebakaran mini, petugas pemadam kebakaran mendatangi satu per satu rumah warga di gang sempit untuk memberikan tips atau tindakan preventif mencegah terjadinya kebakaran.

"Ini sebagai upaya jemput bola, dan memberikan pemahaman cara menanggulangi dan mengantisipasi musibah kebakaran," kata Kepala UPT Damkar Kabupaten Lamongan, Rusdjianto, Jumat (21/9/2018).

Petugas Damkar memberi penyuluhan dengan mendatangi langsung rumah warga dan memberikan pemahaman kepada warga mengenai bahaya dari kebakaran.

"Kita juga memberikan tips untuk mencegah kebakaran," katanya.

Dalam sosialisasi tersebut, berbagai tips untuk mencegah kebakaran disampaikan Rusdjianto diantaranya, warga diminta untuk melakukan pengecekan alat masak seperti kompor maupun mematikan atau pelaralatan listrik yang tidak digunakan Terlebih saat akan berpergian keluar rumah.

Ini dikarenakan sering kali terjadinya kebakaran disebabkan karena lupa mematikan kompor dan juga karena konsleting listrik.

Contohnya seperti kebakaran yang terjadi di Mantup Kamis (20/9) pagi, karena konsleting listrik dari alat memasak Magic Com.

Selain itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar saat membakar sampah dilakukan penjagaan.

"Karena di musim kemarau seperti saat ini sangat rawan kebakaran," kata Rusdjianto.

Sementara Sunarti, salah seorang warga Kelurahan Jetis Lamongan mengapresiasi apa yang disampaikan oleh para petugas pemadam kebakaran.

"Dengan cara ini masyarakat sangat terbantu. Masyarakat akan lebih berhati-hati dan waspada," ucapnya. 

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved