Pilpres 2019

Khofifah Masuk Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf di Jatim, Pengamat Sebut Bantu Dongkrak Suara Perempuan

Hubungan emosional Khofifah dengan Muslimat dan Fatayat di Jawa Timur akan memberikan kekuatan politik bagi Jokowi-Ma'ruf Amin.

Editor: yuli
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
GAYENG - Sehari jelang coblosan, KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Doa Bersama dan Deklarasi Pilkada Damai dalam rangka Pilgub Jatim Guyub Rukun 2018, Selasa (26/6/2018) malam di halaman KPU Jatim. Kegiatan doa bersama itu menghadirkan Cak Nun dan Kiai Kanjeng dan dihadiri dua pasangan calon. Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa, masuk dalam kepengurusan Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin di Jawa Timur.

Khofifah didapuk sebagai salah satu dewan penasihat TKD Jokowi-Ma'ruf Amin di Jawa Timur.

Pengamat politik Universitas Brawijaya (UB), Wawan Sobari, menilai, penunjukkan Khofifah sebagai dewan penasihat TKD akan membantu tim untuk mendongkrak suara perempuan.

"Jangan lupa, ada simpul kekuatan informal yang bisa menjadi kekuatan politik seperti muslimat, dan ini terbukti relatif kuat dengan berhasil nya Khofifah dalam Pilgub kemarin," kata Wawan, Kamis (20/9/2018).

Walaupun Khofifah tidak memiliki partai politik, menurut Wawan, hubungan emosional Khofifah dengan Muslimat dan Fatayat di Jawa Timur akan memberikan kekuatan politik bagi Jokowi-Ma'ruf Amin.

Selain itu, Wawan juga mengingatkan bahwa di Jawa Timur jumlah Muslimat dan Fatayat begitu banyak dan suaranya solid.

Seperti diketahui Khofifah diumumkan sebagai Dewan Penasihat, oleh Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Amin Jatim, Ir Jen Pol (Purn) Machfud Arifin.

Machfud terlebih dahulu merevisi SK dari Tim Kampanye Nasional (TKN) yang didalamnya tidak ada nama Khofifah Indar Parawansa.

"Ada revisi sedikit, Dewan Penasehat ditambahi Gubernur terpilih Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa dan Dewan Pengarah ada Wakil Gubernur terpilih Jawa Timur Mas Emil Dardak," kata Machfud kepada awak media, usai merevisi SK, Rabu (19/9/2018) malam. Sofyan Arif Candra Sakti

Nama-nama Dewan Penasehat Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin di Jatim, antara lain:
Imam Utomo
KH. Muhsin Ghazali - PKB
KH Asep Syaifudin Chalim
Dahlan Iskan
Anton Prijatno - Golkar
Mustahid Astari - Golkar
Martono - Golkar
Prof DR dr Sudikdo Adi SpKK
Khofifah Indar Parawansa

Tags
Pilpres
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved