SURABAYA

Tokoh Senior Golkar Jatim, Sebut Peran Kosgoro Dan Golkar Dalam Pemilu

Sistem pemilu langsung memaksa para kader dengan menghimpun massa. Yakni, dengan mengumpulkan masa demi memperoleh suara.

Tokoh Senior Golkar Jatim, Sebut Peran Kosgoro Dan Golkar Dalam Pemilu
surya malang/fatimatuz zahro
Diskusi Tribun Jatim Network bersama Kosgoro 57 Jawa Timur, di Jalan Imam Bonjol No 78 Surabaya, Sabtu (22/9/2018). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Tokoh senior partai Golkar, Mustahid Astari, menyebut berbagai peran strategis partai di pemilu mendatang. Baik untuk pemilihan presiden, maupun pemilihan legislatif.

Pada diskusi Tribun Jatim Network: Rumah Politik Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (22/9/2018), Mustahid menyebut bahwa partainya harus memiliki beberapa peran strategis di pemilu. Di antaranya dengan memaksimalkan pola kaderisasi di organisasi Hastakarya Partai Golkar.

Misalnya, melalui Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro). Kosgoro dapat memaksimalkan pola sistem kader yang sejak lama digunakan partai berlambang pohon beringin ini.

Saat ini, menurutnya sistem pemilu langsung memaksa para kader dengan sistem massa (menghimpun massa). Yakni, dengan mengumpulkan masa demi memperoleh suara.

Berbeda halnya dengan sistem kader, yang berbasis pendekatan wilayah dengan memaksimalkan karakter figur dan track record. Menurut Mustahid, hal ini semakin lama semakin ditinggalkan Partai Golkar. "Sistem kader yang saat ini semakin luntur. Bersamaan dengan maraknya sistem pemilu secara langsung," kata Mustahid.

Minimnya kaderisasi, yang juga menjadi kelemahan sistem pemilu secara langsung. "Sebab, parpol hanya mencari figur yang dipilih. Terkadang, berbeda dengan idealis partainya," lanjut Dewan Penasehat DPD Partai Golkar Jawa Timur ini.

"Inilah peran Kosgoro dan Partai Golkar. Harus bisa memperbaiki sistem. Ingat UUD 45 dengan kedepankan musyawarah demi kepentingan rakyat," tegasnya pada acara bertema Peran Strategis dalam Konstelasi Politik Nasional Jelang Pileg dan Pilpres 2019 ini. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved