Malang Raya

Masa Kampanye Pileg Dimulai, Parpol-Parpol Sudah Mulai Pasang Target

Ketua DPC Partai Nasdem Kota Malang, Hanan Jalil mengakui bahwa saat ini semua parpol memiliki kesempatan untuk menjadi pemenang.

http://suryamalang.com
SURYA MALANG 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Masa kampanye untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dimulai hari ini, Minggu (23/9/2018). Kampanye akan berlangsung hingga 13 April 2019 mendatang. Meskipun tak terlalu lama, namun waktu yang ada dirasa cukup untuk bisa mendapatkan target.

Beberapa parpol di Kota Malang juga sudah menyatakan siap tempur untuk bisa memulai masa kampanye. Salah satunya adalah Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin itu kini memasang target meraih hasil lebih baik dari Pileg sebelumnya. Sebab, sebelumnya Golkar hanya mendapat 5 kursi saja untuk anggota DPRD Kota Malang pada pemilu 2014.

Ketua DPD Golkar Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menyebut bahwa untuk Pileg kali ini persaingan akan lebih merata. Apalagi kota Malang baru saja terkena prahara yang menyeret hampir seluruh anggota dewan. Namun demikian, dirinya optimis Golkar bisa mendapatkan target yang sudah ditetapkan.

"Kalau kami di Golkar targetnya menyesuaikan dengan pusat. Target dari pusat adalah mendapatkan 20 persen dari keseluruhan kursi," terangnya Minggu (23/9/2018).

Lebih lanjut, Sofyan menilai bahwa peluang untuk mendapatkan hasil sesuai target sangat terbuka lebar. Meskipun ia mengakui bahwa saat ini peta persaingan lebih merata. Apalagi paska kasus dugaan korupsi yang mencoreng anggota DPRD Kota Malang. Tentunya masyarakat akan lebih selektif dalam memilih.

"Saat ini saya melihat bahwa semua partai baik yang sudah pernah mengikuti Pemilu maupun belum memiliki peluang yang sama. Tetapi kami tetap percaya bahwa pengalaman akan memberikan nilai lebih dalam proses perjalanan dalam pemilihan," imbuhnya.

Tak hanya itu, DPC Partai Nasional Demokrat Kota Malang juga menyatakan hal serupa. Ketua DPC Partai Nasdem Kota Malang, Hanan Jalil mengakui bahwa saat ini semua parpol memiliki kesempatan untuk menjadi pemenang. Namun demikian, ia percaya bahwa strategi yang tepat akan menjadi penentu untuk bisa meraih target.

"Kalau Nasdem sendiri menargetkan bisa mendapat 7 kursi pada Pileg 2019. Sehingga nantinya kami bisa masuk di unsur pimpinan DPRD. Sebab, kalau bisa masuk ke unsur pimpinan DPRD maka kami bisa menjadi orang terdepan yang merencanakan pembangunan," katanya.

Sementara itu, mengenai peta persaingan, Hanan menyebut bahwa Nasdem sudah menyiapkan semuanya. Termasuk juga menyiapkan caleg-caleg yang benar-benar memiliki kualitas baik dari sisi intelektual, mental maupun pembiayaan untuk dirinya sendiri. Sehingga hal itu, bisa menjadi nilai plus untuk Nasdem kota Malang pada pileg 2019 mendatang.

"Bagi kami para pesaing semuanya berat tetapi juga ringan. Sebab, setiap parpol pasti sudah memiliki strategi masing-masing. Pada intinya, kami dari Nasdem siap untuk bersaing, bertarung dan berkawan," tukasnya.

Tak hanya dua parpol itu saja yang menyatakan siap. Parpol lain seperti Partai Amanat Nasional (PAN) juga menyatakan kesiapan untuk menghadapi Pileg 2019. PAN juga memasang target tinggi pada pemilihan legislatif 2019. PAN sendiri secara keseluruhan memiliki total 42 caleg untuk Pileg 2019. Bahkan PAN juga punya strategi khusu untuk bisa mendapatkan kursi sesuai target yakni 6 kursi.

"Kami menargetkan paling tidak disetiap dapil dapat satu kursi. Tetapi untuk dapil Blimbing, kami menargetkan dua kursi. Karena kami merasa peluangnya cukup besar," kata Dito Arief, salah satu caleg dari PAN.

Untuk mewujudkan target tersebut, PAN menekankan kepada setiap caleg untuk memiliki minimal 4 kelurahan prioritas disetiap dapil. Hal itu dilakukan demi bisa mewujudkan target meraih 6 kursi pada pileg 2019 mendapat. Meskipun persaingan cukup merata, namun Dito Arief yakin bahwa peluanh untuk mendapatkan kursi sesuai target atau bahkan lebih masih sangat terbuka.

"Saya rasa kalau setiap caleg dan partai bisa bersinergi dengan baik, peluang untuk mengamanlan minimal satu kursi dari setiap dapil sangat terbuka lebar," tandasnya.

Penulis: Alfi Syahri Ramadan
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved