Arema Malang

Kapten Arema FC Hamka Hamzah Buka Suara Tentang Nyanyian Rasis Aremania di Kanjuruhan

Hamka Hamzah Kapten Arema FC angkat bicara soal nyanyian rasis yang dinyanyikan Aremania saat lawan Persebaya Surabaya.

Kapten Arema FC Hamka Hamzah Buka Suara Tentang Nyanyian Rasis Aremania di Kanjuruhan
SURYAMALANG.COM
Kericuhan di Stadion Kanjuruhan saat Arema FC menjamu Persebaya Surabaya, Sabtu (6/10/2018). 

SURYAMALANG.COM, KANJURUHAN - Hamka Hamzah Kapten Arema FC angkat bicara soal nyanyian rasis yang dinyanyikan Aremania saat lawan Persebaya Surabaya.

Saat lawan Bajul Ijo, Sabtu (6/10/2018) kemarin, di Stadion Kanjuruhan Malang, memang masih terdengar jelas nyanyian berlirik pembunuhan dan juga umpatan untuk ditujukan pada suporter Persebaya, Bonek.

Terkait hal ini, menurut Hamka Hamzah, untuk menghilangkan 'kebiasaan' bernyanyi dengan lirik rasis, tak dapat langsung seketika dihilangkan dari sepak bola Indonesia.

Khususnya melihat fakta kedua kelompok suporter ini telah memiliki hubungan kurang baik sejak dahulu kala. Sehingga dibutuhkan waktu untuk mendamaikan seluruhnya.

Su
Suporter Arema FC, Aremania, masuk ke lapangan Stadion Kanjuruhan untuk mengintimidasi pemain Persebaya Surabaya, Sabtu (6/10/2018).

"Itu kembali ke pribadi masing-masing. Tapi soal itu memang kita semua harus bersama-sama menyuarakan perdamaian. Tidak mudah memang bisa memberikan arahan puluhan ribu manusia untuk stop bernyanyi lagu tidak enak didengar. Tapi perlahan bisa hilang," kata Hamka Hamzah, Minggu (7/10/2018).

Hamka Hamzah yang juga pernah berseragam Persebaya ini menyayangkan perbuatan suporter timnya yang hingga kini masih tetap menyanyikan lagu berlirik rasis.

Hamka Hamzah
Hamka Hamzah 

Hamka menilai, hal demikian akan dapat membuat situasi antar suporter sulit untuk didamaikan, meskipun suatu saat diyakini akan dapat damai

"Sebenarnya untuk pelemparan-pelemparan saya lihat sudah berkurang. Kalau soal lagu ya saya sendiri sangat menyayangkan, tapi tidak mudah agar puluhan ribu orang tidak nyanyi itu," ujarnya.

Seperti diketahui, sejak sebelum pertandingan hingga laga usai, nyanyian rasis terus dikumandangkan Aremania. Hal ini dipastikan akan berdampak pada pemberian sanksi dari Komisi Disiplin PSSI

Penulis: Dya Ayu
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved