Situbondo

Disperta Situbondo Akan Manfaatkan Dam Parit Untuk Saluran Irigasi Persawahan

Pemanfaatan Dam Parit untuk membantu saluran irigasi lahan pertanian saat musim kemarau berasal dari air tadah hujan dan sumber air

Disperta Situbondo Akan Manfaatkan Dam Parit Untuk Saluran Irigasi Persawahan
SURYAMALANG.COM/David Yohanes
Ilustrasi: Petani sedang membendung saluran air di persawahan 

SURYAMALANG.COM, SITUBONDO- Pemerintah Kabupaten Situbondo, dalam hal ini Dinas Pertanian akan memamfaatkan Dam Parit menjadi sumber air penopang khususnya sawah yang berada di ketinggian yang sulit terjangkau irigasi.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Situbondo, Farod Kuntadi mengatakan, pemanfaatan Dam Parit untuk membantu saluran irigasi lahan pertanian saat musim kemarau.

Menurut Farod, pihaknya akan terus berupaya mencari simber air yang dapat dijadikan Dam Parit tersebut.

"Ya kita survey dulu tempatnya, lalu kita usulkan ke pusat. Yang perlu menjadi catatan bersama, bahwa Dam Parit ini bukan saluran irigasi primer," ujar Fatid Kuntadi di kantornya.

Selain mengandalkan tadah air hujan, kata Farid, air dam parit juga berasal dari sumber mata air. Oleh karenanya, keberadaan sumber mata air menjadi syarat prioritas untuk membuat sebuah Dam Parit.

"Dam Parit dibuat di tempat yang tinggi dan terdapat sumber air. Ukurannya beragam, tapi rata-rata memiliki lebar 8 sampai15 meter dengan kedalaman yang tak tentu," katanya.

Dikatakannya, sawah yang berada di ketinggian tertentu, yang luput dari aliran irigasi di hilir, akan dialiri dari air yang sudah tertampung di Dam Parit.

"Kalau sawahnya lebih tinggi dari keberadaan Dam Parit, kita akan gunakan mesin pompa air," pungkasnya. 

Penulis: Izi Hartono
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved