Blitar

Jalan Merdeka Kota Blitar Bakal Dijadikan Sentral Kuliner Malam, Upaya Hidupkan Suasana Malam

Konsep sentral kuliner malam masih dibahas. Sesuai rencana, lokasi yang digunakan di Jalan Merdeka sisi utara kota Blitar

Jalan Merdeka Kota Blitar Bakal Dijadikan Sentral Kuliner Malam, Upaya Hidupkan Suasana Malam
suryamalang.com/Samsul Hadi
Sejumlah pengendara melintas di Jl Merdeka, Kota Blitar, Jumat (19/10/2018). Pemkot Blitar berencana menyulap Jl Merdeka sisi utara untuk sentral kuliner malam. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Pemkot Blitar akan menyulap Jalan Merdeka sisi utara menjadi sentral kuliner pada malam hari. Sejumlah kuliner khas Kota Blitar seperti nasi pecel, jajanan pasar, dan es pleret, akan dijajakan di sepanjang Jalan Merdeka sisi utara pada malam hari.

"Kami ingin menghidupkan suasana malam di Kota Blitar. Rencananya, kami akan membuat sentral kuliner khas Kota Blitar di Jalan Merdeka pada malam hari," kata Wakil Wali Kota Blitar, Santoso, Jumat (19/10/2018).

Santoso mengatakan, konsep sentral kuliner malam di Jalan Merdeka masih dibahas. Sesuai rencana, lokasi yang digunakan sebagai sentral kuliner di Jalan Merdeka sisi utara. Para pedagang mulai berjualan sekitar pukul 08.00 WIB setelah pertokoan di kawasan itu tutup.

"Konsep berjualannya pakai tenda di pinggir jalan atau lesehan di trotoar masih kami bahas. Sistemnya tetap bongkar pasang, setelah tutup kondisi harus kembali bersih," ujar Santoso.

Sentral kuliner malam itu untuk meramaikan suasana malam di Kota Blitar. Selama ini, jarang ada penjual makanan yang bertahan sampai larut malam di Kota Blitar. Pada malam hari, suasana di Kota Blitar terlihat sepi.
Pemkot Blitar memilih Jalan Merdeka sebagai tempat kuliner malam, karena lokasinya di tengah kota.

Selain itu, Jalan Merdeka berdekatan dengan Alun-alun dan Taman Pecut. Harapannya, masyarakat yang berkunjung ke Alun-alun atau Taman Pecut bisa mampit mencicipi kuliner khas Kota Blitar di Jalan Merdeka.

"Apalagi, sekarang juga sudah dibuka mal di Jalan Merdeka. Jadi bisa satu paket, masyarakat selesai dari mal, bisa mampir jalan-jalan di Alun-alun dan Taman Pecut. Setelah itu, mereka bisa mencari makan dan minum di sentral kuliner malam," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar, Pande Ketut Suryadi mengatakan Taman Pecut memang dikonsep untuk wisata malam di Kota Blitar. Yang menjadi andalan di taman itu, yaitu, air mancur menari. Air mancur menari hanya dinyalakan tiap Sabtu malam.

"Setiap malam minggu, pengunjung di Taman Pecut selalu membeludak. Kalau ada sentral kuliner malam pastinya akan ikut ramai," katanya.

Saat ini, DLH sedang menambah fasilitas penunjang untuk pengunjung di Taman Pecut dan Alun-alun. DLH membangun taman dan tempat duduk di Alun-alun sisi selatan atau di seberang Taman Pecut. Tempat duduk ini untuk fasilitas pengunjung saat melihat air mancur menari di Taman Pecut.

"Sekarang sudah proses pembangunan, akhir tahun ini targetnya selesai. Nanti, pengunjung bisa duduk santai melihat air mancur menari dari Alun-alun," katanya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved