Bisnis

Investasi Jangka Panjang Lewat Komunitas Jumbo Keong Indonesia

Mengoleksi keong ini bukan sekedar mencari keuntungan materi. Tetapi, lebih ke pelestarian keong itu sendiri melalui komunitas JKI

TribunJatim.com/Arie Noer Rachmawati
Stefe Sugianto, pendiri komunitas Jumbo Keong Indonesia (kanan) bersama sepupunya Tony Witjaksono saat menunjukkan koleksi keong milik JKI. 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Investasi jangka panjang tak melulu soal materi, namun membentuk jaringan seperti komunitas juga bisa dilakukan. Seperti Stefe Sugianto, pendiri komunitas Jumbo Keong Indonesia (JKI) asal Surabaya. Melalui komunitas JKI, dirinya mengajak masyarakat untuk melestarikan keong agar tidak habis ekosistemnya.

Menurutnya, keong adalah hewan yang eksotis, fashionable, dan satu-satunya hewan yang suka bergonta-ganti rumah. Di Surabaya sendiri, tak banyak wadah untuk para pecinta keong eksotis ini.

"Jumbo Keong Indonesia ini hadir untuk memenuhi kebutuhan pecinta fauna khususnya keong," ujarnya saat bazaar Quest Market di Galaxy Mall Surabaya, Sabtu (20/10/2018).

Stefe mengatakan, mengoleksi keong ini bukan melulu mencari keuntungan berupa materi. Akan tetapi, lebih ke pelestarian keong itu sendiri melalui komunitas JKI.

"Uang bukan segalanya, tapi segalanya juga butuh uang. Nah, uang itu untuk biaya perawatan si keongnya," katanya.

Dia menekankan, investasinya itu lebih ke arah komunitas itu sendiri untuk pelestarian keong-keong eksotis tersebut.

Dirinya melalui komunitas JKI aktif mengikuti berbagai kegiatan-kegiatan pameran untuk mengedukasi masyarakat terkait keong.

"Apabila masyatakat tertarik bisa dibeli, tapi kami lebih menyebutnya keong itu diadopsi. Harganya mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 100 ribu," katanya.

Dia menambahkan, mayoritas keong yang diadopsi masyarakat adalah keong-keong dengan ukuran medium hingga extra large.

"Kalau yang super large masih belum, karena kami lebih mengarahkan keong-keong yang ukurannya medium ke atas," tuturnya.

Tak hanya keong saja, komunitas JKI juga menyediakan pernak-pernik keong mulai dari cangkang, aksesoris, akuarium, pasir, dan masih banyak lagi.

Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved