Malang Raya

Tes CPNS di Zona Malang Molor karena Kendala Teknis

Ada kendala teknis sehingga jadwal tes molor. Panitia melakukan pengaturan jaringan untuk perangkat yang digunakan selama tes.

Tes CPNS di Zona Malang Molor karena Kendala Teknis
hayu yudha prabowo
CPNS 2018 - Wali Kota Malang, Sutiaji meninjau tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di SMKN 2 Kota Malang, Jalan Veteran, Kota Malang, Jumat (26/10/2018). Hari pertama tes CPNS ini molor satu setengah jam akibat proses setting jaringan dan infrastruktur dari vendor belum siap. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di zona Malang molor dari jadwal yang sudah ditetapkan.

Tes yang bertempat di SMKN 2 Kota Malang itu baru dimulai pukul 9.30 WIB, Jumat (26/10/2018). Semestinya, tes gelombang pertama sesi 1 itu dimulai pukul 8.00 WIB.

Ada kendala teknis sehingga jadwal tes molor. Panitia melakukan pengaturan jaringan untuk perangkat yang digunakan selama tes.

Koordinator Tes CPNS Zona Malang, Suksesti Sugiarti mengatakan, molornya pelaksanaan tes itu disebabkan oleh kendala teknis. Semua perangkat sistem Computer Assisted Test (CAT) yang harusnya sudah siap masih terkendala sehingga panitia perlu mempersiapkan.

"Kami minta maaf karena itu ada proses pengaturan jaringan dan sebagainya. Termasuk koneksi untuk wifi dan sebagainya," ujar Suksesti.

Dengan demikian, jadwal tes untuk hari ini diundur semua. Tes sesi 5 yang menjadi sesi terkahir gelombang pertama dijadwalkan akan berakhir pada pukul 21.00 WIB.

Suksesti mengatakan, vendor atau penyedia peralatan tes belum siap secara keseluruhan saat jadwal tes sudah tiba.

"Mungkin pengelola dari vendornya, walaupun sudah semalam suntuk mempersiapkan. Terus kita siapkan semuanya. Jadi itu vendor bukan kami," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan Pemkot Malang menjamin akan memberikan pelayanan maksimal dalam test CPNS kali ini. Sebab, Pemkot Malang juga membutuhkan 282 posisi PNS baru.

"Kami sebenarnya juga peserta, kebetulan saja Kota Malang jadi tempat seleksi CPNS. Tadi saya tinjau semua berjalan baik, masalah tempat nanti lebih dirapikan mulai tempat tas dan tenda untuk antrian," kata Sutiaji.

Terkait kendala teknis yang dialami, Sutiaji mengatakan tanggungjawab itu sepenuhnya ada pada panitia pelaksana. Pemkot Malang hanya menyediakan tempat yang dipilih oleh panitia.

Dihari pertama, test seleksi CPNS hanya dilakukan di lantai 1 aula Gor SMKN 2. Di hari kedua lantai 2 juga akan dimanfaatkan sebagai tempat ujian. Pemkot Malang akan menambah mesin pendingin agar peserta ujian dapat mengerjakan test CPNS dengan nyaman.

"Di lantai 1 sudah bagus, AC semua berjalaj normal jadi tidak terlalu panas. Besok, di lantai 2 akan ditambah AC karena akan dipakai untuk ujian juga. Arus lalulintas juga kita perhatikan agar tidak menggangu pengguna jalan," ujar

Kota Malang menjadi tempat Seleksi Nasional CPNS 2018 untuk 7 kota di Jawa Timur. Test seleksi CPNS dilaksanakan sejak Jumat, 26 Oktober 2018 hingga 21 hari kedepan di aula Gedung Olahraga SMKN 2 Kota Malang di Jalan Veteran.

Sebanyak, 30.325 pendaftar akan menjalani seleksi CPNS. Mereka terdiri dari 7 wilayah, yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Blitar dan Kabupaten Blitar. Test akan digelar dengan 5 gelombang setiap harinya. 

PERSIAPAN TES CPNS - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang, Anita Sukmawati mengecek persiapan ruangan dan komputer tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di SMKN 2, Kota Malang, Kamis (25/10/2018).
PERSIAPAN TES CPNS - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang, Anita Sukmawati mengecek persiapan ruangan dan komputer tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di SMKN 2, Kota Malang, Kamis (25/10/2018). (hayu yudha prabowo)
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved