Surabaya

Sumpah Pemuda, Forum SIAP GERAK Ajak Pemuda Diskusi Bantu Benahi Kota

Dalam forum Siap Gerak pemuda-pemudi membahas tentang permasalahan masyarakat dari berbagai segi di Kota Surabaya

Sumpah Pemuda, Forum SIAP GERAK Ajak Pemuda Diskusi Bantu Benahi Kota
Ist
Komunitas pemuda-pemudi "SIAP GERAK" Surabaya 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

SURYAMALANG.COM, SURABAYA- Peringatan Hari Sumpah Pemuda dimanfaatkan berbagai komunitas untuk berdiskusi bersama melalui Forum Urun Rembuk SIAP GERAK di House of Sampoerna, Minggu (28/10/2018).

Dalam forum itu pemuda-pemudi membahas tentang permasalahan masyarakat dari berbagai segi misalnya lingkungan, pendidikan, ekonomi dan sosial budaya dan untuk dilakukan secara nyata.

Inisiator SIAP GERAK, Shinta H Saputra mengatakan, forum ini melibatkan berbagai komunitas yang berkalaborasi membahas permasalahan masyarakat dan bergotong royong bertindak nyata.

Diharapkannya, melalui forum ini para pemuda lebih produktif, memberikan langkah positif, semangat pengabdian serta membantu masyarakat.

Bertepatan dengan Sumpah Pemuda yang menegaskan peran penting generasi muda menjaga persatuan dan semangat pantang menyerah.

Shinta mencontohkan, dari forum ini, para komunitas yang tergabung melakukan bersih-bersih laut, daur ulang sampah sampai mengajarkan ke masyarakat.

"Komunitas yang tergabung memiliki keahlian dan fokus berbeda-beda. Dengan ini harapannya bisa segera membantu menyelesaikan permasalahan Kota Surabaya dengan aksi nyata yang dilakukan pemuda,"
Kata Shinta di sela-sela Urun Rembuk SIAP GERAK di Residence Room House of Sampoerna Surabaya.

Menurutnya, gerakan gotong royong ini penting dilakukan. Dari diskusi kali ini, berbagai kegiatan akan dilakukan salah satunya penataan kali Surabaya, pendampingan belajar, pendampingan disabilitas dan kegiatan literasi menyikapi hoax.

"Saat ini ada 40 komunitas yang tergabung dalam SIAP GERAK. Mereka sebelumnya berjalan sendiri-sendiri untuk memberikan pengabdian masyarakat. Dalam bergerak kami melakukan tabulasi permasalahan terlebih dulu baru kemudian diputuskan tindakan yang diambil," kata Shinta.

Sementara, Pegiat Peduli Sungai Surabaya (PSS) Winardi mengatakan, melalui gerakan pemuda, diharapkannya bisa menjadi jembatan bagi warga dan masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya membenahi sungai, seperti penataan sungai, pembersihan sampah dan pengecetan di sekitar bantaran sungai.

"Butuh kerjasama dari berbagai pihak untuk gotong royong menatanya," kata Winardi.

Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved