Pilpres

Survei Alvara: Jokowi Masih Kokoh Diatas Prabowo Hampir Di Seluruh Wilayah Indonesia

Elektabilitas pasangan Calon Presiden Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin mengalami kenaikan, sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menurun

Survei Alvara: Jokowi Masih Kokoh Diatas Prabowo Hampir Di Seluruh Wilayah Indonesia
suryamalang.com/Bobby Constantine Koloway
Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi di Tiap Daerah 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Lembaga survei Alvara Research Center, merilis hasil survei terbarunya, Selasa (6/11/2018). Hasilnya, dibandingkan survei sebelumnya, elektabilitas pasangan Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin mengalami kenaikan, sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengalami penurunan.

Sedangkan untuk undecided voters sedikit naik dibanding survei Agustus 2018. Pada survei bulan Oktober, apabila pilpres diadakan saat ini maka didapatkan elektabilitas pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin sebesar 54,1 persen.

"Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin mengalami kenaikan 0,5 persen dibanding survei Agustus 2018," kata Hasanuddin Ali, Founder and CEO Alvara Research Center kepada Surya.co.id (Tribunnews Network), ketika dihubungi dari Surabaya, Selasa (6/11/2018).

Sebaliknya, pasangan Prabowo - Sandiaga sebesar 33,9 persen yang justru menurun 1,3 persen dibanding Agustus 2018. "Sementara undecided voters (yang belum menentukan pilihan) masih sebesar 12 persen“ terang Hasanuddin Ali.

Bila dilihat dari soliditas pemilih atau pemilih yang tidak mungkin berubah, pemilih Jokowi-KH Ma’ruf Amin, 55 persen menyatakan tidak akan merubah pilihannya. Sementara pemilih Prabowo-Sandiaga, 57,7 persen menyatakan tidak akan merubah pilihannya.

Dari sisi elektabilitas yang dilihat dari sisi geografis, Hasanuddin mengatakan bahwa pemilih di Jawa dan Sumatera akan sangat menentukan siapa yang akan menjadi pemenang di pemilu presiden 2019. "Saat ini, Pasangan Joko Widodo - KH. Ma’ruf Amin unggul di hampir semua wilayah, kecuali di Sumatera," kata Hasanuddin.

Di Sumatera, Prabowo-Sandi unggul (44,6 persen) dibanding Jokowi-Ma’ruf (40 persen), Sisanya belum memutuskan. Di Jawa, Jokowi-Ma’ruf unggul (59,1 persen) dibanding Prabowo-Sandi (29,2 persen).

Pun demikian dengan pemilih Milennial (usia 22 - 37 tahun), Jokowi–Ma’ruf unggul (53,6 persen) dibanding Prabowo-Sandiaga (34,5 persen).

“Pertarungan ketat akan terjadi dalam memperebutkan pemilih muda, Gen Z dan Milenial, karena selisih elektabilitas dua pasangan ini belum mencapai 20 persen dibandingkan di Generasi yang lebih tua”. Ujar Hasanuddin.

Alvara Research Center menggelar survei nasional pada 8-22 Oktober 2018. Riset ini menggunakan multi-stage random sampling dengan melakukan wawancara terhadap 1.781 responden yang berusia 17 tahun ke atas.

Sampel diambil di 33 Provinsi di Indonesia, dengan jumlah sampel tiap provinsi proporsional terhadap jumlah penduduk, Provinsi Sulawesi Tengah tidak diikutkan survei karena terkendala dampak gempa bumi di Palu dan sekitarnya. Rentang margin of error sebesar 2,37 persen persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved