Pasuruan

Job Fair Hari Pertama Pasuruan, Ribuan Pencari Kerja Manfaatkan Pendaftaran Online

Di hari pertama, dari pantauan di lapangan, ribuan orang para pencari kerja memadati kantor UPT Disnaker LKD Kabupaten Pasuruan

Job Fair Hari Pertama Pasuruan, Ribuan Pencari Kerja Manfaatkan Pendaftaran Online
suryamalang.com/Galih LIntartika
Wabub Pasuruan, Mujib Imron saat pantau stan job fair, dan Para pencari kerja saat menyerahkan lamaran ke stan perusahaan 

SURYAMALANG.COM, PASURUAN - Job fair 2018 yang digelar oleh Pemkab Pasuruan melalui Dinas Tenaga Kerja resmi dibuka, Rabu (07/11) pagi. Pembukaan job fair ini langsung dilakukan oleh Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron mewakili Bupati Irsyad Yusuf.

Kegiatan bursa kerja yang rencananya akan digelar selama dua hari hingga Kamis (08/11) ini diselenggarakan di UPT Disnaker LKD Kabupaten Pasuruan, Rejoso.

Di hari pertama, dari pantauan di lapangan, ribuan orang para pencari kerja sudah memadati kantor UPT Disnaker LKD Kabupaten Pasuruan ini.

Namun ada perbedaan mencolok dalam job fair kali ini dibanding tahun sebelumnya. Untuk pendaftar yang langsung datang ke lokasi lebih sedikit, dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga situasi lebih tertib dan tidak berjubel.

Namun hal ini bukan karena faktor minimnya para pencari kerja. Akan tetapi para pencari kerja banyak yang memilih mendaftar melalui online di website yang disediakan oleh Disnaker Kabupaten Pasuruan http://hellowork.pasuruankab.go.id.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan, M Khasani mengatakan, sebelum acara ceremony dibuka, website http://hellowork.pasuruankab.go.id sudah dibanjiri ribuan pendaftar.

"Catatan kami, pagi pukul 07.00 WIB, sebelum ceremony pembukaan dilakukan, di website sudah ada pendaftar sebanyak 3700. Pendaftaran online ini memang kami siapkan dengan tujuan memudahkan para pelamar pekerjaan. Tanpa antre dan bisa mendaftar melalui online,"ujar M. Khasani.

Job Fair Kabupaten Pasuruan 2018 kali ini, diikuti sebanyak 40 perusahaan. Dari jumlah itu, lowongan kerja yang dibuka sebanyak 4700 lowongan.

"Sebanyak 2.700 untuk kerja di luar negeri, sisanya perusahaan lokal, " tambahnya.

Sementara itu, acara job fair ini digadang - gadang bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Pasuruan. Sekadar diketahui, angka pengangguran di Kabupaten Pasuruan masih tinggi.

Dari catatan yang ada, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kabupaten Pasuruan, masih diatas rata-rata Jawa Timur yakni 4,9 persen.

Padahal pertumbuhan ekonomi sebesar mengalami peningkatan 5,72 persen. Bahkan, nilai investasi Kabupaten Pasuruan pada 2017 melebihi target, dari Rp 5 Triliun, terealisasi menjadi Rp 17 Triliun.

“Ini sekaligus tantangan kita. TPT Pasuruan cukup besar, meskipun sudah ada penurunan, kali ini kita tingkatkan penurunannya,” ujar Mujib Imron, Wakil Bupati Pasuruan usai membuka job fair.

Gus Mujib, panggilan akrab Wakil Bupati Pasuruan, kemudian menegaskan, salah satu upaya untuk mengurangi tingginya pengangguran, dengan menyelenggarakan bursa kerja. 

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved