Blitar

Relokasi Batal Tahun Ini, Pedagang Khawatir Pembangunan Pasar Legi Molor

Relokasi pedagang seharusnya dipercepat. Dengan begitu, proses pembangunan Pasar Legi bisa segera dimulai awal 2019.

Relokasi Batal Tahun Ini, Pedagang Khawatir Pembangunan Pasar Legi Molor
suryamalang.com/Samsul Hadi
Tukang becak melintas di tempat penampungan sementara pedagang di areal parkir Pasar Legi, Kota Blitar. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Pedagang Pasar Legi kecewa dengan batalnya rencana relokasi pedagang yang dijadwalkan akhir tahun ini. Pedagang khawatir pembatalan relokasi akhir tahun ini akan berpengaruh pada waktu pembangunan Pasar Legi yang harus tuntas dalam setahun.

"Terus terang kami kecewa, sebelumnya Pemkot Blitar menjadwalkan relokasi pedagang Pasar Legi beres akhir tahun ini. Sekarang ada informasi kalau relokasi ditunda tahun depan (2019)," kata Sekretaris Forum Komunikasi Revitalisasi dan Pemanfaatan Pasar Legi, Adi Santoso, Selasa (13/11/2018).

Adi mengatakan relokasi pedagang seharusnya dipercepat. Dengan begitu, proses pembangunan Pasar Legi bisa segera dimulai awal 2019. Pembangunan Pasar Legi bisa selesai sesuai target dalam waktu satu tahun. Sebab, para pedagang sudah lama menunggu proses pembangunan Pasar Legi. "Kami khawatir pembangunannya molor, tidak bisa selesai dalam setahun. Pedagang lagi yang akan dirugikan," ujarnya.

Dia juga kecewa dengan sikap Pemkot Blitar yang tidak melibatkan pedagang saat mengambil keputusan. Padahal, dengan dibentuknya forum, harapannya pedagang dilibatkan setiap ada pembahasan rencana pembangunan Pasar Legi.

"Forum ini resmi, sudah ada SK dari wali kota. Pemkot juga berjanji melibatkan pedagang dalam pembahasan rencana pembangunan Pasar Legi," katanya.

Sebelumnya, Kepala Disperindag Kota Blitar, Arianto mengatakan Pemkot Blitar batal merelokasi pedagang Pasar Legi akhir 2018 ini. Pemkot Blitar masih menunggu hasil amdal lalu lintas di tempat relokasi para pedagang.

Menurutnya, relokasi pedagang dilakukan pada awal 2019. Untuk tempat relokasi, sesuai permintaan pedagang berada di sekitar Pasar Legi. Tapi, untuk menentukan titik tempat relokasi, masih menunggu hasil amdal lalu lintas. "Targetnya, relokasi sudah selesai pada Februari 2019," kata Arianto.

Pasar Legi terbakar pada 12 Juni 2016 atau sepekan setelah Lebaran. Jumlah kios dan los yang terbakar 1.772 unit dari total 2.200 unit.

Paska terbakar, aktivitas pasar lumpuh. Pemkot Blitar baru membangunkan tempat penampungan sementara untuk pedagang Januari 2017. Tempat penampungan sementara berada di areal parkir pasar.

Rencananya, Pemkot Blitar akan membangun Pasar Legi pada 2019. Pembangunan Pasar Legi menggunakan dana dari APBD Kota Blitar. Pemkot Blitar menyiapkan anggaran sekitar Rp 50 miliar untuk pembangunan Pasar Legi. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved