Tulungagung

Warga Tanam Pohon Pisang Di Jalan Nasional Tulungagung - Trenggalek

Sebelumnya warga memasang tanda adanya lubang ini dengan bambu. Sebab lubang ini sangat membahayakan pengendara, khususnya motor.

Warga Tanam Pohon Pisang Di Jalan Nasional Tulungagung - Trenggalek
suryamalang.com/David Yohanes
Pohon pisang yang ditanam warga di Jalan Nasional Kecamatan Kauman. 

SURYAMALANG.COM, TULUNGAGGUNG - Sebatang pohon pisang berdiri di tengah lajur  jalan Nasional yang menghubungkan Tulungagung-Trenggalek di Desa Bolorejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Pohon pisang tersebut diletakkan disebuah lubang dengan diameter sekitar 20 sentimeter. Lubang ini tercipta karena gorong-gorong di bawah jalan rusak.

"Sebenarnya rusaknya sudah lama. Tapi ditambal terus, gak pernah diperbaiki," kata seorang warga setempat bernama Slamet (58).

Pohon pisang ini baru dipasang hari ini, Selasa (13/11/2018) pagi. Sebelumnya warga memasang tanda adanya lubang ini dengan bambu. Sebab lubang ini sangat membahayakan pengendara, khususnya motor dari arah barat.

"Sering kali pemotor ngebut, nabrak lubang terus jatuh. Sudah berulang kali kami menolong korban jatuh," tambah Slamet.

Sayangnya tanda keberadaan lubang ini kerap rusak karena ditabrak truk gandeng. Menurut Slamet, lubang ini sudah menganga hampir satu bulan. Namun belum ada upaya pihak terkait untuk memperbaikinya.

Sementara kerusakan gorong-gorong ini semakin parah. Lubang saluran air nyaris tertutup meterial dari gorong-gorong yang runtuh.

Masih menurut Slamet, saluran air ini perlu dibongkar total dan dibangun yang baru agar tidak terus rusak.

"Kalau hanya ditambal akan terus berlubang lagi. Solusinya dibongkar setengah-setengah, terus diganti yang baru," ucapnya.

Dari pantauan di lokasi, kendaraan dari arah barat (Trenggalek) harus mengurangi kecepatan, untuk menghindari lubang ini. Kadang pengendara mobil harus berhenti, dan memastikan lalu lintas dari arah timur (Tulungagung) sepi.

Kendaraan kemudian banting setir ke lajur berlawanan, agar tidak menabrak lubang dan pohon pisang ini.

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved