Lamongan

Empat Titik Lokasi Longsor Bantaran Bengawan Solo Diwaspadai BBWS Dan BPBD

Dari pendataan BPBD, sepanjang tanggul Sungai Bengawan Solo yang melintas di wilayah Lamongan terdapat empat titik yang mengalami rawan longsor.

Empat Titik Lokasi Longsor Bantaran Bengawan Solo Diwaspadai BBWS Dan BPBD
suryamalang.com/Hanif Manshuri
Tanah bantaran sungai Bengawan Solo yang tergerus dan longsor di Dusun Gendong Desa Laren Kecamatan Laren Lamongan. 

SURYAMALANG.COM,  LAMONGAN - Tanggul Bengawan Solo di Lamongan kini menjadi perhatian sejumlah pihak, setelah di sejumlah titik tanggul mengalami longsor.

Dari pendataan BPBD, sepanjang tanggul Sungai Bengawan Solo yang melintas di wilayah Lamongan terdapat empat titik yang mengalami longsor dalam bulan ini.

"Sebulan ini ada empat titik yang terdata mengalami retak dan longsor," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan, Muslimin kepada wartawan disela-sela meninjau lokasi longsor bantaran Bengawan Solo di Dusun Gendong, Desa Laren Kecamatan Laren, Kamis (15/11/2018)

Empat titik itu, dua titik diantaranta di Kecamatan Laren, dua lainnya di Kecamatan Karanggeneng dan Kecamatan Kalitengah. Akibat tanah bantaran dan tanggul longsor, ada beberapa rumah warga yang terpaksa direlokasi tepatnya  di Desa Keduyung, Kecamatan Laren.

Akibat longsoran ini warga harus tetap waspada selama memasuki musim hujan. Bahkan, bantaran sungai Bengawan Solo di Lamongan juga menjadi perhatian serius petugas Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

"BPBD intens berkoordinasi dengan BBWS Bengawan Solo," ujarnya.

Sementara, staf teknik BBWS Bengawan Solo yang turut di lokasi longsor di Kecamatan Laren, Suyanto mengatakan, pihaknya masih mengumpulkan data baik dari lokasi tanah yang longsor maupun dari desa dimana longsor terjadi.

"Setelah ini, akan kami laporkan langsung ke BBWS di Solo," kata Suyanto.

Nantinya, setelah pendataan maka BBWS dari Solo yang akan mendatangi lokasi untuk melakukan perbaikan terhadap bantaran sungai yang longsor.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved