Malang Raya

Ikatan Istri Karyawan PTPN XII Sumbermanjing Wetan Malang Belajar Deteksi Kanker Payudara

Ikatan Istri Karyawan PTPN XII Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang Belajar Deteksi Kanker Payudara

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: eko darmoko
IST
Para anggota Ikatan Istri Karyawan (IIK) PTPN XII Cabang Pancursari Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, saat belajar mengenai edukasi deteksi dini kanker payudara, Jum'at (16/11/2018). 

SURYAMALANG.COM, SUMBERMANJING WETAN - Suasana ceria nan antusias terlihat pada 42 emak-emak yang merupakan anggota Ikatan Istri Karyawan (IIK) PTPN XII Cabang Pancursari Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, saat belajar mengenai edukasi deteksi dini kanker payudara, Jum'at (16/11/2018).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 37 ibu mengikuti pemeriksaan kanker yang dilakukan oleh petugas kesehatan dari Klinik Bunga Melati dan Puskesmas Sumbermanjing Wetan. Sedangkan lima sisanya tidak mengikuti pemeriksaan karena tengah datang bulan.

Kegiatan kali  ini merupakan program rutin tahunan dari IIK. Edukasi ini menjadi penting, karena untuk semakin menumbuhkan kesadaran dan kepedulian para anggota terhadap kesehatan organ vital.

Perlu diketahui cara deteksi dini kanker payudara bisa diketahui dengan meraba sendiri dada mereka.

Cara merabanya, dilakukan di sekitar daerah payudara. Selanjutnya dapat diteruskan ke ketiak jika menemukan adanya benjolan. Saat meraba, itupun bisa dilakukan dalam posisi tidur atau dengan mengangkat tangan ke atas.

"Perlu diperhatikan pula, saat menjelang mens atau ketika datang bulan, tidak bisa. Karena kelenjar dan hormon tengah aktif," terang Ketua IIK Cabang Pancursari Debrina Satria Indra Dewi saat beri pemaparan di rumah dinas Manager Perkebunan.

Tak hanya melakukan deteksi kanker payudara. Kegiatan ini juga memberikan layanan pemeriksaan untuk kanker serviks.

Saat pemeriksaan kanker serviks, para peserta diminta memasuki ruangan pemeriksaan. Kemudian, pasien diminta untuk duduk di sebuah bed.

Selanjutnya, cairan vagina dari pasien diambil menggunakan sebuah alat khusus.

Cairan itulah yang nantinya diperiksa untuk memberi jawaban  pasien menderita kanker atau tidak.

"Para tenaga kesehatan tidak memberikan penyuluhan secara langsung, tapi saat pemeriksaan pasien di kamar periksa, sangst pribadi. Hasilnya bisa dilihat dua minggu lagi," imbuh wanita yang akrab disapa Rina itu.

Sementara itu, Rina menegaskan samapai sejauh ini tidak ditemukan adanya kanker serviks atau kanker payudara pada anggota IIK.

"Acara kali ini diberi respon positif para ibu antusias. Tak ada yang terindikasi, Alhamdulillah semua sehat dan prima," ucapnnya dengan penuh syukur.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved