Jember

Bupati Jember Serahkan 684 Surat Izin Dari Sembilan Jenis Perizinan

Ppenyerahan perizinan itu sebagai tanggung jawab pemerintah Kabupaten Jember dalam melayani perizinan.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Achmad Amru Muiz
suryamalang.com/Sri Wahyunik
Bupati Jember Faida menyerahkan surat izin kepada pemohon perizinan usaha 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Bupati Jember menyerahkan 684 surat izin kepada 231 pemohon perizinan di Kabupaten Jember, Senin (19/11/2018). Penyerahan sembilan jenis izin itu berlangsung di Pendapa Wahyawibawagraha.

Bupati Faida mengatakan, penyerahan itu sebagai tanggung jawab pemerintah Kabupaten Jember dalam melayani perizinan. Karena itu, bupati memberikan langsung surat perizinan kepada masing-masing pemohon izin.

Bupati perempuan pertama di Jember itu memastikan pemohon pulang sambil membawa sertifikat perizinan yang bisa langsung digunakan.

"Ini merupakan kewajiban pemerintah kepada pemohon izin. Namun jangan lupa, kepada para penerima sertifikat untuk membayar retribusi," tegas Faida.

Bupati pun menyampaikan ucapan terimakasih telah berinvestasi di Jember. Mereka mengembangkan usaha, sekolah, membangun perumahan, dan lainnya.

Pemkab Jember, lanjut Faida, terus mendorong tumbuhnya investasi di aneka usaha untuk menumbuhkan perekonomian dan penyediaan lapangan pekerjaan.

Karena itu, Faida berpesan agar merekrut tenaga kerja yang ber-KTP Jember. Ini bertujuan sebagai upaya membangun Jember bersama-sama.

Para pekerja yang direkrut, lanjut Faida, juga harus memiliki Kartu Kuning dari Dinas Tenaga Kerja. Hal ini untuk menghindari pengambilalihan tenaga kerja dari perusahaan lain.

“Jaga persatuan, supaya tumbuh bersama-sama,” tegasnya.

Jember berkomitmen menjadi kota yang peduli hak asasi manusia. Ini pula yang harus diperhatikan dalam membangun fasilitas umum pada bangunan yang dikembangkan.

Bupati menjelaskan, banyak pengurusan izin reklame yang baru berproses. Terkait hal reklame ini, bupati memerintahkan Satpol PP untuk bersikap tegas dan memberi peringatan terhadap reklame tanpa izin.

Sebanyak 684 surat izin dari 231 pemohon yang diserahkan terdiri dari 2 Izin Pemanfaatan Penggunaan Tanah (IPPT), dua Izin Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Izin Pendirian Paud sebanyak 2 surat izin, izin pendirian TK sebanyak 2 surat izin.

Selanjutnya, izin pendirian SMP sebanyak 1 surat izin, izin penyelenggaraan lembaga kursus dan pelatihan (LKP) sebanyak 2 surat izin, izin Pemakaian Kekayaan Sempadan Sungai sebanyak 16, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebanyk 75, dan Izin Penyelenggaraan Reklame Tetap sebanyak 582 .

Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Jember Syafi'i menambahkan, sosialisasi terhadap warga pemohon perizinan terus dilakukan.

Dia menambahkan PTSP yang mempunyai aplikasi OSS (Online Single Submission) yang sudah dibuka satu bulan yang lalu.

"Dalam waktu dekat ini akan disosialisasikan PTSP Provinsi Jatim dan petugas teknisnya," imbuh Syafi'i.

OSS merupakan aplikasi pelayanan online sertifikat izin dan saat ini masih tahap pembelajaran, penyesuaian pusat, provinsi, dan daerah. "Melalui aplikasi ini perizinan tidak rumit lagi asalkan persyaratan lengkap," imbuhnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved