Blitar

Kepala Daerah Ditahan KPK, Pengisian Kekosongan Jabatan Dua Kepala OPD Di Kota Blitar Terganggu

Jabatan dua kepala OPD yang masih kosong, yaitu kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) dan kepala Satpol PP.

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Jabatan dua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Blitar masih kosong sampai sekarang. Rencana pengisian kekosongan jabatan dua kepala OPD yang ditargetkan terealisasi tahun ini gagal karena Wali Kota Blitar nonaktif M Samanhudi Anwar terjerat kasus hukum di KPK.

Jabatan dua kepala OPD yang sampai sekarang masih kosong, yaitu, kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) dan kepala Satpol PP. Sampai sekarang, jabatan dua kepala OPD itu masih diisi pelaksana tugas (Plt).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar, Rudy Widjonarko mengatakan seharusnya pada pertengahan 2018 lalu, Pemkot Blitar sudah melaksanakan seleksi terbuka untuk pengisian kekosongan jabatan dua kepala OPD. Tetapi, seleksi terbuka itu gagal dilaksanakan karena kepala daerah sedang bermasalah dengan hukum.

"Karena seleksi terbuka belum bisa dilaksanakan, otomatis pengisian kekosongan jabatan dua kepala OPD gagal dilakukan tahun ini," kata Rudy, Senin (19/11/2018).

Dikatakannya, Pemkot Blitar sudah berkonsultasi dengan komisi aparatur sipil negara dan Mendagri terkait pengisian kekosongan jabatan dua kepala OPD. Pemkot Blitar masih menunggu rekomendasi dari Mendagri untuk proses pengisian kekosongan jabatan dua kepala dua OPD.

"Mudah-mudahan awal 2019 sudah ada petunjuk dari pemerintah pusat soal proses pengisian kekosongan jabatan dua kepala OPD. Dengan begitu kami bisa segera melaksanakan seleksi terbuka," ujarnya.

Sekadar diketahui, kekosongan jabatan dua kepala OPD di lingkungan Pemkot Blitar itu sudah lebih satu tahun. Jabatan kepala Dispendukcapil kosong karena kepala dinas lama meninggal dunia awal 2017.

Lalu, untuk kepala Satpol PP kosong setelah kepala yang lama pensiun juga pada 2017.
Selama ini, jabatan untuk kepala Dispendukcapil dan Satpol PP diisi oleh pelaksana tugas. Pelaksana tugas di Dispendukcapil dipegang Didik Haryadi yang merangkap sebagai Asisten II. Sedangkan, pelaksana tugas di Satpol PP dipegang Juari yang merangkap sebagai kepala Dispora. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved