Blitar

Formasi Guru Kelas Di Kota Blitar Butuh 45 Orang, Tapi Yang Lulus Passing Grade SKD Hanya 17 Orang

Untuk formasi umum yang belum terpenuhi bisa diisi dari peserta formasi khusus. Tapi teknisnya seperti apa belum diketahui.

Formasi Guru Kelas Di Kota Blitar Butuh 45 Orang, Tapi Yang Lulus Passing Grade SKD Hanya 17 Orang
Suryamalang/ Tribunnews
Tes SKD CPNS 2018 Jawa Timur 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Sejumlah formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kota Blitar terancam tidak terisi. Persoalannya, para peserta ujian CPNS banyak yang tidak lulus passing grade seleksi kompetensi dasar (SKD).

"Jumlah formasi CPNS Kota Blitar ada 222 formasi. Yang lulus passing grade SKD hanya 208 orang. Banyak formasi yang tidak terpenuhi, karena pendaftarnya tidak lulus passing grade," kata Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Penilaian Kinerja Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Ika Hadi Wijaya, Selasa (20/11/2018).

Dia mencontohkan untuk formasi guru kelas SD. Formasi guru kelas SD yang dibutuhkan sebanyak 45 orang. Tetapi, dari sejumlah pendaftar formasi guru kelas yang lulus passing grade SKD hanya 17 orang. Berarti formasi guru kelas masih belum terisi 28 orang.

Hal itu juga terjadi pada formasi kesehatan. Misalnya, formasi administrator kesehatan tingkat pertama yang dibutuhkan 12 orang. Tetapi, pendaftar yang lulus passing grade SKD hanya tujuh orang, masih kurang lima orang.

Formasi untuk tenaga di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar juga demikian. Formasi tenaga di Dinkes yang dibutuhkan tujuh orang, tetapi pendaftar yang lulus passing grade hanya lima orang. "Pendaftarnya ada tapi mereka tidak lulus passing grade SKD," katanya.

Dia belum tahu apa solusi untuk sejumlah formasi yang belum terpenuhi itu. BKD masih menunggu kebijakan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan). Menurutnya, sejauh ini belum ada petunjuk teknis dari Kemenpan untuk mengisi sejumlah formasi CPNS yang belum terpenuhi itu.

"Kami sudah menerima surat edaran dari Menpan soal itu. Untuk formasi umum yang belum terpenuhi bisa diisi dari peserta formasi khusus. Tapi teknisnya seperti apa belum tahu, kami masih menunggu informasi lagi dari Menpan," katanya.

Sekadar diketahui, jumlah peserta ujian CPNS di Kota Blitar sebanyak 3.474 orang. Para peserta ujian itu merupakan pendaftar yang sudah lolos verifikasi syarat administrasi pendaftaran CPNS.

Dalam rekrutmen CPNS tahun ini, Pemkot Blitar mendapat jatah sebanyak 222 formasi. Rinciannya, tenaga pendidikan sebanyak 65 orang, tenaga kesehatan sebanyak 101 orang, dan tenaga teknis/infrastruktur sebanyak 56 orang. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved