Breaking News:

Lamongan

Hilangkan Rasa Takut Anak Saat Khitan Masal Di Lamongan, Panitia Putarkan Film Pengalih Perhatian

Rupanya anak-anak peserta khitan gratis jadi lupa dengan rasa takut saat alat Virtual Reality (VR) digunakan memutar film layar lebar

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Achmad Amru Muiz
suryamalang.com/Hanif Manshuri
Pelaksanaan khitan massal oleh PCM Babat dalam rangka Maulud Nabi Muhammmad SAW, Selasa (20/11/2018) 

SURYAMALANG.COM, LAMONGAN - Hibur dengan pemutaran film, cara ampuh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Babat Kabupaten Lamongan hilangkan rasa takut pada anak pesrtaq khitan massal dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.  Dengan sambil menonton sebuah film, anak-anak mengikuti khitan masal gratis.

"Rupanya anak-anak peserta khitan gratis jadi lupa dengan rasa takut saat alat Virtual Reality (VR) digunakan memutar film," kata Aminulloh Fatur Roziqi, Humas Panitia khitan massal, Selasa (20/11/2018).

Peralihan konsentrasi dengan nonton film tersebut, menurut Aminulloh membuat peserta terlupakan proses khitan dan konsentrasi hijrah, sehingga khitan itu terkesan tidak menyeramkan apalagi menyakitkan. "Intinya mengalihkan perhatian peserta supaya tidak takut," ucap Amin.

Memang, diakui Aminulloh, cara mengalihkan perhatian memang baru tahun ini difasilitasi meski
kegiatan khitan massal Rumah Sakit Muhammadiyah Babat ini rutin diselenggarakan PCM Babat setiap peringatan Maulid Nabi.

"Jadi teknik pengalih perhatian peserta khitan agar tidak takut baru pada pelaksanaan ke-40 peringatan Maulid Nabi yang kami lakukan," ungkapnya.

Tahun ini, tambah Aminulloh, peserta khitan masal gratis yang terdaftar sebanyak 170 peserta, dan ditangani oleh 32 tenaga medis yang terbagi dalam 10 kelompok.

Peserta tahun ini melebihi target, karane sebenarnya kuota tahun ini sebenarnya hanya 160 peserta. "Tapi karena banyak yang daftar, jadi ada tambahan 10 peserta lagi," ujarnya.

Meski telah memberikan kuota tambahan, sebenarnya masih banyak warga yang belum terdaftar tetap datang ke lokasi, dengan harapan dapat menggantikan peserta yang tidak hadir. Mereka berharap bisa menggantikan peserta yang terdaftar namun tidak hadir saat pelaksanaan hari ini.

Melihat antusiasnya masyarakat, tambah Aminulloh, panitia akan berupaya tahun depan dapat melayani lebih banyak peserta khitan massal. "Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan, jadi akan diupayakan lebih baik lagi nantinya," tutur Aminulloh.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved