Banyuwangi

‎Pemeliharaan Jalur Pendakian, Kawah Ijen Ditutup Sementara Untuk Umum

Berdasarkan surat pemberitahuan itu, penutupan dikarenakan ada pemeliharaan jalur pendakian di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen.

‎Pemeliharaan Jalur Pendakian, Kawah Ijen Ditutup Sementara Untuk Umum
suryamalang.com/Haorrahman
Jalur pendakian gunung ijen Banyuwangi ditutup sementara untuk perbaikan jalur pendakian. 

SURYAMALANG.COM, BANYUWANGI - Kawah Ijen Banyuwangi ditutup sementara, mulai 21 hingga 23 November. Ini dikarenakan ada pemeliharaan jalur pendakian menuju puncak Kawah Gunung Ijen.
"Untuk sementara Kawah Ijen ditutup karena ada pemeliharaan dan perbaikan infrastruktur," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Muhammad Yanuarto Bramuda, Rabu (21/11).

Bramuda mengatakan, Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jawa Timur, telah memberikan pemberitahuan terkait penutupan tersebut.  Berdasarkan surat pemberitahuan itu, penutupan dikarenakan ada pemeliharaan jalur pendakian di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen. Untuk itu TWA Kawah Ijen ditutup sementara untuk umum.
\

Bramuda mengatakan, wisatawan yang ke Banyuwangi bisa menikmati destinasi wisata yang ada lainnya.
"Perbaikan ini juga demi kepentingan dan kenyamanan wisatawan yang datang ke Kawah Ijen. Wisatawan bisa menikmati destinasi wisata lainnya yang ada di Banyuwangi," kata Bramuda.

Kepala Resor TWA Kawah Ijen, Sigit Haribowo mengatakan, penutupan inu untuk mempercepat pengerjaan pemeliharan jalur menuju pendakian Gunung Ijen, sehingga harus steril dari kunjungan wisatawan termasuk penambang belerang.

Perbaikan infrastruktur difokuskan pada jalur pendakian yang rawan longsor. Menurut Sigit, berdasarkan pemeriksaan terdapat beberapa titik jalur pendakian yang rawan longsor saat hujan.
"Pemeliharaan infrastruktur jalur pendakian dimulai dari pos Pondok Bunder, satu kilometer dari puncak gunung," kata Sigit.

Selama ini Kawah Ijen menjadi destinasi favorit di Banyuwangi. Sekitar seribu pengunjung datang tiap hari ke Kawah Ijen. 

Penulis: Haorrahman
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved