Lamongan

Ratusan Warga Peringati Maulid Nabi Dengan Tangkap Ikan Massal Di Telaga Desa

Warga tumpah ruah menceburkan diri dalam telaga desa yang volume airnya tinggal beberapa meter saja, dan lebih banyak dipenuhi lumpur.

Ratusan Warga Peringati Maulid Nabi Dengan Tangkap Ikan Massal Di Telaga Desa
suryamalang.com/Hanif Manshuri
Para peserta lomba tangkap ikan massal dalam rangkaian rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di Lamongan 

SURYAMALANG.COM, LAMONGAN - Warga Desa Mungli Kecamatan Kalitengah Lamongan  menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menangkap ikan massal di telaga desa. Kegiatan tersebut digelar dengan melibatkan ratusan warga dan panitia Peringatan Hari Besar Islam.

Panitia Pelaksana, Hariyono mengatakan, acara tangkap ikan massal yang diadakan itu untuk memperingati dan menghormati hari lahir yang mulia Nabi Muhammad SAW. Dan kegiatan tersebut ternyata disambut antusias  masyarakat. Tidak hanya orang dewasa laki-laki dan perempuan, tetapi remaja dan anak-anak ikut terlibat sebagai peserta lomba.

Mereka tumpah ruah menceburkan diri dalam waduk yang volume airnya tinggal beberapa saja, dan lebih penuh dengan lumpur.

Dengan start hitungan, 1, 2, 3, dari panitia lewat sound system, para peserta lomba bergegas masuk kolam dan saling memperebutkan berbagai jenis ikan peliharan pemerintahan Desa Mungli. Kedalaman lumpur dalam telaga menjadi sensasi tersendiri dan menjadi hiburan serta tantangan untuk bisa menangkap ikan dengan tangan kosong.

Meski yang dilombakan tangkapan ikan terberat, para peserta tetap memasukan ikan kecil dalam bak atau kantong peserta. Para peserta tidak hanya memburu target ikan besar. Meski dilakukan dengan asal tangkap.
Peserta tidak diperbolehkan membawa alat tangkap jenis apapun untuk mendapatkan ikan. Mereka wajib dengan tangan kosong.

Justru dengan tangan kosong dan ikan dalam lumpur yang begitu dalam, memicu semangat dan penasaran untuk bisa menangkap ikan terbesar.

Ada saja ulah peserta, mereka terkadang saling semprot lumpur dan sisa-sisa air dalam waduk. Teriakan sorak sorai mewarnai kemeriahan selama lomba berlangsung yang hanya berdurasi setengah jam itu.

"Ini satu diantara kegiatan kami dalam rangka memperingati lahir Nabi Muhammad SAW," ungkap Hariyono.

Bermacam jenis ikan di waduk diantaranya, lele, gabus, mujaer, banden dan tombro jadi rebutan.
Pada akhirnya, ikan-ikan itu dengan mudah ditangkap karena ikannya banyak yang lemas jadi sasaran kejar-kejaran para peserta lomba.

"Even tangkap ikan ini akan kami dijadikan agenda tahunan," tutur Hariyono.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved