Malang Raya

Bambang Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPRD Kota Malang

Bambang ditunjuk menggantikan pimpinan sebelumnya, Abdul Hakim yang telah diberhentikan oleh PDI Perjuangan.

Penulis: Benni Indo | Editor: Achmad Amru Muiz
suryamalang.com/Benni Indo
Bambang Heri Susanto (berkacamata) resmi menduduki Ketua DPRD Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – DPRD Kota Malang akhirnya memiliki ketua definitif. Bambang Heri Susanto dari Fraksi PDI Perjuangan. Bambang resmi dilantik dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Malang, Senin (26/11/2018).

Bambang mengucapkan sumpah janji dalam pelantikan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Malang Wedhayati di Ruang Paripurna DPRD Kota Malang. Pelantikkan Bambang merujuk pada Keputusan Gubernur Jawa Timur Soekarwo Nomor: 171.420/1150/11:2018 tentang peresmian pengangkatan Pergantian Antar Waktu (PAW) pimpinan DPRD Kota Malang.

Bambang ditunjuk menggantikan pimpinan sebelumnya, Abdul Hakim yang telah diberhentikan oleh PDI Perjuangan.

Setelah dilantik, Bambang mengatakan, pihaknya akan bekerja keras mengawal APBD Kota Malang yang sudah ditetapkan pada Jumat lalu.

“Mengawal APBD 2019 yang sudah kita resmikan pada Jumat kemarin. Di samping itu kita menyelesaikan beberapa Perda yang sudah dibahas oleh Bamus, sampai akhir 2018 ini,” ujar Bambang, Senin (26/11/2018).

Bambang mengatakan, APBD 2019 menjadi prioritas karena terdapat amanah rakyat dalam APBD itu. Bambang ingin pantauan terhadap APBD 2019 ini diperketat.

Secara teknis, pemantauan ketat itu dilakukan dengan cara melihat secara rinci pengajuan anggaran yang dikeluarkan oleh OPD Pemkot Malang. Bahkan Bambang mengatakan akan turun langsung melihat barang di lapangan.

“Kita lihat dari pengajuan OPD, setelah itu kita breakdown dan sidah di lapangan. Ya ke depan inilah, kita jaga amanah dari masyarakat Kota Malang,” terang Bambang.

Dalam agenda itu pula, Bambang memimpin PAW dua anggota dewan lain yaitu Eko Hadi Purnomo yang menggantikan Subur Triono dari Fraksi PAN danLalu Arif Saptono Wahyudi mengantikan Priyatmoko Oetomo, anggota dewan Fraksi PDI Perjuangan.

Sementara itu, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menilai, kalau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah hal yang prioritas untuk dikawal oleh dewan. Ia berharap Perda RPJMD segera diselesaikan karena menyangkut visi dan misi kepala daerah.

“Dalam waktu dekat ingin menuntaskan RPJMD. Ini dibatasi oleh waktu karena sebagai dokumen penting landasan untuk melaksanakan tugas ke depan di Kota Malang, baik eksekutif dan legislatif. Saya kira RPJMD ini kepentingan bersama,” papar Edi.

Edi berharap kinerja DPRD bisa maksimal setelah ditetapkan unsur pimpinan di DPRD Kota Malang. Edi juga berkomitmen untuk membangun sinergitas antara eksekutif dengan legislatif

“Tentu komposisi ini akan menambah dari pada DPRD. Semakin komplit. Tentu akan terus kita bangun daripada fungsi kemitraan, termasuk peningkatan kinerja,” tutur Edi. 

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved