Breaking News:

Kabar Jember

Pameran 80 Lukisan Semarakkan Gebyar Karya Budaya Jember, Kota Pandhalungan

Sebanyak 80 karya dari 80 orang perupa asal daerah Tapal Kuda dipamerkan dalam acara bertajuk "Jember Explore Painting" di Jember.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: yuli
sri wahyunik
Sebanyak 80 karya dari 80 orang perupa asal daerah Tapal Kuda dipamerkan dalam acara bertajuk "Jember Explore Painting" di ruang lobi perkantoran eks gedung BHS Jember. Pameran itu dibuka sejak Rabu (28/11/2018) hingga Jumat (30/11/2018). 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Sebanyak 80 karya dari 80 orang perupa asal daerah Tapal Kuda dipamerkan dalam acara bertajuk "Jember Explore Painting" di ruang lobi perkantoran eks gedung BHS Jember. Pameran itu dibuka sejak Rabu (28/11/2018) hingga Jumat (30/11/2018).

Karya yang ditampilkan sebagian besar adalah lukisan, dan ada beberapa karya seni rupa kayu.

"Sebenarnya memang pameran lukisan, tapi ada satu - dua yang memerkan seni rupa dalam bentuk kriya kayu. Ya tidak apa-apa, ini juga pameran awal bertajuk Jember Explore Painting ini. Karena tujuan utama kami mengenalkan seni terutama seni rupa ke anak-anak, pelajar, dan generasi muda," kata Wibisono, ketua panitia sekaligus Ketua Komunitas Perupa Jember (KPJ) kepada SuryaMalang.com, Kamis (29/11/2018).

Lukisan yang dipamerkan antara lain lukisan cat minyak bermedia kanvas, potret, sketsa, juga glass painting karya pelajar SMA dan SMP di Jember.

Seniman yang berkontribusi berasal dari Jember, Lumajang, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, juga Probolinggo. Mereka menyajikan lukisan yang menggambarkan daerah masing-masing.

Seperti yang ditampilkan seniman di stand pameran Lumajang. Pelukisnya menyajikan alam khas Lumajang seperti hutan bambu Lumajang, jembatan perak, juga tari topeng Lumajang.

Sedangkan di stand Jember, ada lukisan Bupati Jember Faida berjudul "Ibu Faida" berlatar belakang tanaman tembakau dan pantai Teluk Love.

"Kami mencoba menyebarkan virus cinta melalui seni rupa. Karena karya seni itu jujur. Jadi jika mereka nanti jadi pejabat atau pengusaha bisa mencintai seni dan harapan kami bisa berlaku jujur," kata Wibisono lebih lanjut.

Selain pameran lukisan, kegiatan itu juga dimeriahkan dengan lomba menggambar, lomba mewarnai, juga pelatihan membatik dengan malam dingin dan art jamming berupa melukis di kertas memakai cethe.

Jember Explore Painting itu merupakan rangkaian kegiatan Gebyar Karya Budaya - Jember Kota Pandhalungan 2018.

Pembukaan gebyar karya budaya Jember Kota Pandhalungan 2018 dilakukan Kamis (29/11/2018) malam di Jl Sudarman, depan Kantor Pemkab Jember.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved