Kabar Surabaya

Seleksi CPNS 2018, Inilah Lokasi Tes Bidang yang Digelar Serentak di Jatim

Sudah diumumkan di BKN melalui web peserta tes SKB. Selain yang passing grade, sisanya adalah hasil pemeringkatan dikalikan 3 dari jumlah formasi

Seleksi CPNS 2018, Inilah Lokasi Tes Bidang yang Digelar Serentak di Jatim
Tribun Style
Info CPNS 2018 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA  - Kantor Regional (Kanreg) II BKN Surabaya memastikan bahwa pelaksanaan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) di wilayahnya akan digelar serentak mulai Selasa (4/11/2018). Baik tes CPNS Pemprov, Pemkab, Pemkot, maupun Kementerian akan digelar mulai Selasa, 4 Desember 2018.

Kepala Kanreg II BKN Tauchid Sudjatmiko menjelaskan bahwa tes itu akan digelar hingga 11 Desember. 

"Sudah diumumkan di BKN melalui web peserta tes SKB. Selain yang passing grade, sisanya adalah hasil pemeringkatan dikalikan 3 dari jumlah formasi," kata Sudjatmiko, Minggu (2/11/2018).

Masing-masing formasi CPNS di setiap kantor Pemerintah jumlahnya berbeda. Pemegang otoritas BKN di Jatim ini menyebutkan bahwa total ada 

39 Instansi Pemerintah yang akan menggelar tes tahap kedua masuk CPNS itu. 

Mereka adalah Pemprov Jatim, hampir semua kabupaten dan kota serta Instansi Vertikal wilayah Jatim. Termasuk semua kantor kementerian juga menggelar tes di Jatim.

Semua peserta tes pertama atau Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) yang dinyatakan lolos dengan melebihi ambang batas kelulusan atau passing grade dipastikan sebagai peserta tes SKB. Kemudian ditambah hasil pemeringkatan. 

Misalnya di Pemprov Jatim hanya 6,6 persen yang lolos passing grade dari total 62.321 peserta tes SKD CPNS Pemprov Jatim. Mereka berebut 2.065 formasi CPNS di kantor Pemerintah Jatim ini.

"Hampir 4.000-an peserta tes CPNS SKD yang dinyatakan passing grade. Padahal kami butuh sekitar 6.000 an untuk diseleksi SKB. BKN akhirnya melakukan pemeringkatan," kata Kepala BKD Jatim Anom Surahno.

Sementara itu, Kepala Kanreg II BKN Sudjatmiko merinci bahwa para peserta tes CPNS tahap kedua itu akan dilangsungkan di 

11 Titik lokasi. Yakni sebanyak 7 lokasi digelar secara mandiri oleh Pemkab dan Pemkot setempat.

Yakni di Kota Surabaya, Kab Sidoarjo, Kab Sampang, Kab Pamekasan, Kab Sumenep, Kab Lumajang, dan Kab Banyuwangi. 

Selain itu ada 4 Titik Lokasi tes yang diselenggarakan BKN, yakni di Kanreg II BKN Waru Sidoarjo, GOR Univ. PGRI Adhi Buana Suraabaya, Convention Hall SLG Kediri, dan Balai Serba Guna Jember. 

Khusus untuk tes Pemprov Jatim akan digelar pada 6-9 Desember. "Kami mendapat jadwal waktu pelaksanan tes SKB tiga hari itu," kata Anom.

Tes Bidang sendiri sama dengan tes SKD. Namun semua materi tes dalam bentuk pertanyaan lebih ke bidang masing-masing. Hasilnya juga bisa langsung diketahui karena dengan sistem computer asisted test (CAT). 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved