Kabar Surabaya

Tes Wawancara, Calon Komisioner KPU Jatim Hadapi Lima Panelis Sekaligus

Tiap peserta akan menghadapi lima anggota timsel sekaligus yang akan memberikan pertanyaan secara bergantian.

Tes Wawancara, Calon Komisioner KPU Jatim Hadapi Lima Panelis Sekaligus
suryamalang.com/Bobby Constantine Koloway
Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Komisioner KPU Jatim, Suko Widodo berbincang dengan Ketua KPU RI, Arief Budiman, beberapa waktu lalu di Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Sebanyak 39 calon Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memasuki tahapan tes wawancara, Selasa-Rabu (4-5/12/2018). Tes tersebut merupakan kelanjutan dari tes psikologi dan kesehatan yang juga dilakukan 39 orang tersebut di pekan sebelumnya.

Berlangsung di salah satu hotel di Surabaya, sebanyak 20 calon komisioner mengikuti tes di hari pertama (Selasa, 4/12/2018). Sedangkan sisanya mengikuti tes sehari setelahnya.

Dari 39 peserta tersebut, tujuh di antaranya merupakan Komisioner KPU Jatim yang saat ini masih menjabat. Sama seperti peserta lainnya, para komisioner "petahana" tersebut juga mengikuti proses seleksi sejak awal.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Komisioner KPU Jatim, Suko Widodo mengatakan, tes wawancara menjadi salah satu poin yang akan menentukan kelulusan peserta. "Nanti akan diakumulasi dengan beberapa tes sebelumnya," kata Suko kepada Surya.co.id di Surabaya, Selasa (4/11/2018).

Pada sesi wawancara kali ini, lima anggota Timsel, termasuk Suko Widodo, menjadi panelis yang secara langsung melakukan tanya jawab dengan para peserta,. "Tiap peserta akan menghadapi lima anggota timsel sekaligus yang akan memberikan pertanyaan secara bergantian," kata Suko yang juga dosen di Universitas Negeri Airlangga Surabaya (Unair) tersebut.

Sedangkan materi yang disampaikan pada tes wawancara tersebut terkait dengan materi wawasan kebangsaan hingga ketata-negaraan. "Serta, terkait dengan kepemiluan. Di antaranya soal pelaksanaanya," jelas Suko.

Pasca pelaksaan tes tersebut, Timsel akan melaksanakan rapat pleno untuk menentukan peserta yang lolos. Sesuai jadwal, rapat penetapan hasil tes akan dilaksanakan pada Sabtu (8/12/2018).

Sehari berikutnya, akan diumumkan nama-nama Calon Anggota KPU Provinsi. "Mungkin akan mengerucut ke-14 nama yang kemudian akan diserahkan ke KPU RI untuk dilaksanakan seleksi akhir," kata Suko.

Pelaksaan tes di KPU RI merupakan seleksi pamungkas berupa uji kepatutan dan kalaikan (fit and proper test). Dari 14 nama yang disetor Timsel, KPU RI menetapkan tujuh komisioner KPU Jatim dan sisanya akan menjadi cadangan komisioner.

Untuk diketahui, semenjak dibentuk pada awal November silam Timsel Calon Komisioner KPU Jatim yang berasal dari berbagai latar belakang telah bekerja selama sebulan terakhir. Rencananya, Komisioner Jatim hasil dari seleksi kali ini akan dilantik pada Februari mendatang atau saat masa kerja Komisioner saat ini telah usai.

Komisioner KPU Jatim yang baru nantinya akan memiliki tugas berat. Di antaranya, menghelat pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden yang baru kali pertama dilakukan secara serentak. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved