Kabar Tulungagung

Ojol Asli Tulungagung Mencoba Bertahan, Meski Bersaing Dengan Perusahaan Raksasa

Satu cara yang diambil dengan menjaga para pelanggan yang loyal. Selain itu para pengemudi Om Jek juga menjalin hubungan emosional dengan pelanggan.

Ojol Asli Tulungagung Mencoba Bertahan, Meski Bersaing Dengan Perusahaan Raksasa
suryamalang.com/David Yohanes
Salah satu Driver Ojek Online "Om Jek" asli Tulungagung 

SURYAMALANG.COM, TULUNGAGUNG - Pada Februari 2017, Triatmaja Fajar Sulihtiawan (22) merintis usaha ojek online (Ojol) di Tulungagung. Ojol besutan Jarwo, panggilan akrabnya, diberinama Om Jek. Perusahaan ini sempat berjaya, dan menjalin kerjasama dengan banyak pihak.

Namun Ojol asli Tulungagung ini berlahan meredup, setelah masuk raksasa ojol Grab. “Otomatis (omset) berkurang, karena usaha apapun kalau menghadapi raksasa pasti kalah,” ucap Jarwo.

Jarwo mengungkapkan, penurunan omset Om Jek mencapai 40 persen. Namun Jarwo menegaskan, Om Jek akan terus bertahan.

Salah satu cara yang diambil adalah dengan menjaga para pelanggan yang loyal. Selain itu para pengemudi Om Jek juga menjalin hubungan emosional dengan para pelanggan mereka.

“Jadi kami tidak hanya setelah order selesai, kemudian hubungan pelanggan dan driver selesai. Kami membangun ikatan emosional dengan pelanggan,” ungkap Jarwo.

Misalnya, dalam urusan order belanja Om Jek tidak memasang batas harga maksimal yang dibelanjakan. Seberapa banyak order belanja, akan tetap dilayani karena pelanggan Om Jek sudah loyal dan identitasnya sudah diketahui.

Om Jek juga tidak menaikkan harga barang, seperti lazim dilakukan perusahaan ojol. Om Jek sepenuhnya mengambil untung dari upah pengemudi.

“Yang paling banyak langganan membeli makanan dari anak-anak SMA. Karena mereka tahu harganya tidak dinaikkan,” sambung Jarwo.

Namun diakui, Om Jek selalu kalah jika perusahaan ojol tengah mengadakan promo. Sementara Om Jek tidak pernah ada promo, karena tidak ada investor.

Padahal jika dibandingkan harganya, antara Om Jek dan ojol lain tidak jauh berbeda. Om Jek berani memberikan garansi pelayanan yang lebih memuaskan.

Halaman
12
Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved