Kabar Tulungagung

Sidak Toko Di Tulungagung, Ditemukan Barang Dagangan Dimakan Tikus

Meski sudah menerima surat peringatan pertama, ternyata pemilik toko makanan ringan itu tidak melakukan tindakan pembasmian hama tikus.

Sidak Toko Di Tulungagung, Ditemukan Barang Dagangan Dimakan Tikus
suryamalang.com/David Yohanes
Kasi Farmasi dan Perbekalan Dinkes Tulungagung, Masduki saat memeriksa makanan dalam sidak toko makanan. 

SURYAMALANG.COM, TULUNGAGUNG - Aroma pesing kencing tikus tercium dari pojok sebuah toko oleh-oleh di sekitar Stasiun Tulungagung. Selain aroma kurang sedap itu, ada bekas kotoran tikus tercecer di antara kemasan makanan.

Hal menjijikan itu ditemukan, saat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung menggelar inspeksi mendadak (Sidak), Senin (10/12/2018).

Menurut Kasi Farmasi dan Perbekalan Dinkes Tulungagung, Masduki, temuan ini bukan kali pertama. "Toko yang sebelah utara itu sebelumnya sudah diperingatkan, karena dulu juga ditemukan serangan hama tikus," ungkap Masduki.

Meski sudah menerima surat peringatan pertama, ternyata pemilik toko oleh-oleh ini tidak melakukan tindakan pembasmian hama.

Selain kotoran dan kencing tikus, banyak kemasan makanan berlubang digigit binatang pengerat ini. Karena itu Masduki akan mengeluarkan surat peringatan keras kepada pemilik toko. "Tidak boleh dibiarkan, karena konsumen yang akan menjadi korban," tegasnya.

Makanan yang terkontaminasi kotoran tikus ini sangat beresiko menyebarkan bakteri salmonela. Pada jangka panjang bahkan bisa memicu tifoid. Masduki berharap, teguran keras ini lekas ditindaklanjuti  dengan upaya pengendalian hama tikusSebab jika tidak ada tindakan, maka toko yang masih diserang tikus akan direkomendadikan untuk ditutup.

"Sekali lagi kita temukan kontaminasi tikus, maka kita rekomendasikan Dinas Penanaman Modal Dan PTSP untuk mencabut izinnya. Tokonya harus ditutup," tandas Masduki. 

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved