Kabar Lamongan

Mantapkan Kesiapan Polres Dan Kodim 0812 Lamongan Hadapi Pemilu 2019 Melalui Rakor

Koordinasi ini merukan spaalah satu bentuk kesiapan aparat dari 3 pilar negara untuk semakin memantapkan persiapan menuju Pilpres dan Pileg.

Mantapkan Kesiapan Polres Dan Kodim 0812 Lamongan Hadapi Pemilu 2019 Melalui Rakor
suryamalang.com/Hanif Manshuri
Rapat koordinasi antar instansi menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) jalan Soemargo di Lamongan, Jumat (14/12/2018). 

SURYAMALANG.COM, LAMONGAN - Polres Lamongan Jawa Timur siap mengamankan Pemilu 2019 mendatang.
Kesiapan itu ditunjukkan Polres Lamongan dengan menggelar rapat koordinasi antar instansi, tokoh masyarakat, anggota Babinkamtibmas dan Babinsa serta para kades menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) jalan Soemargo Lamongan, Jumat (14/12/2018).

"Besok pun kalau Pemilu digelar, kami bersama TNI dan tentunya didukung pemerintah daerah sudah siap. Besok pun pemilu kita siap," kata Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung.

Bahkan sejak jauh hari pihaknya sudah mempersiapkan pelaksanaan Pemilu 2019 ini agar Pemilu 2019 bisa berjalan aman, damai dan sejuk.

Beragam kegiatan sebelumnya juga sudah dilakukan Polres Lamongan sejak lama.  Sementara rapat koordinasi di gedung IPHI melibatkan para Babinsa, Babinkamtibmas dan para kades se - Lamongan.

Koordinasi ini merukan spaalah satu bentuk kesiapan aparat dari 3 pilar negara untuk semakin memantapkan persiapan menuju Pilpres dan Pileg.

"Memang menyita waktu yang cukup panjang, sehingga koordinasi antar instansi justru memberikan suatu pencerahan, yaitu wawasan-wawasan tambahan dan persepsi pimpinan bisa sampai ke tingkat bawah, " ungkap Feby.

Rapat koordinasi inilah merupakan salah satu bentuk upaya untuk merapatkan barisan, menyamakan persepsi, agar anggota juga tidak mis sehingga di lapangan mereka juga bersinergi dengan stake holder dalam rangka bagaimana mencapai Lamongan ini selalu aman, dan tidak terjadi hal-hal apapun.

Terkait kerawanan menjelang Pemilu 2019, Feby mengaku, tidak ada wilayah kerawanan-kerawanan yang cukup berarti.

Meski begitu, pihaknya bukan meremehkan dan tetap akan waspada. "Tetap kita waspada terhadap segala bentuk ancaman," tandasnya.

Feby juga mengungkapkan, beragam kegiatan yang telah dilakukan oleh kepolisian Lamongan bersama TNI dan juga Pemkab Lamongan untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah Lamongan.

Sementara Komandan Kodim 0812 Lamongan, Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa menambahkan, kalau dalam segala macam bentuk pemilihan, TNI akan tetap netral. Untuk menjaga keamanan jelang Pemilu, lanjut Sukma Yudha, pihaknya berada dalam komando kepolisian. "Kami secara institusi sangat siap untuk mensukseskan kegiatan pemilu ini, " katanya.

Namun sesuai aturan, TNI berada di belakan kepolisian yang dijaga. Jadi disini leading sektornya tetap dari kepolisian dan TNI tetap akan membackup dalam rangka mengamankan pelaksanaan pemilu.

Sedangkan Bupati Lamongan, Fadeli mengapresiasi semua langkah yang telah dilakukan oleh Kepolisian Lamongan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Lamongan. "Tentunya kita ingin menyatukan persepsi kita, kesiapan kita di Kabupaten Lamongan, saya yakin dengan kebersamaan dari seluruh instansi di Kabupaten Lamongan, TNI.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved