Breaking News:

Kabar Blitar

Gelar Razia Angkutan, Para Sopir Di Terminal Patria Kota Blitar Jalani Tes Urine

Dalam razia itu, petugas mengecek kelengkapan kendaraan dan melakukan tes urine kepada para sopir.

suryamalang.com/Samsul Hadi
Petugas melakukan tes urine kepada para sopir di Terminal Patria, Kota Blitar, Kamis (20/12/2018). Petugas juga mengecek kelengkapan bus yang masuk di terminal. 

SUIRYAMALANG.COM, BLITAR - Petugas gabungan dari Satlantas Polres Blitar Kota, Dishub, Dinkes, dan Badan Narkotika Kota Blitar menggelar razia di Terminal Patria, Kota Blitar, Kamis (20/12/2018). Dalam razia itu, petugas mengecek kelengkapan kendaraan dan melakukan tes urine kepada para sopir.

Petugas memeriksa surat-surat dan perlengkapan kendaraan. Petugas menemukan satu bus yang tidak memiliki izin trayek. Petugas langsung menilang bus yang tidak memiliki izin trayek itu. Selain itu, petugas juga memeriksa angkutan barang yang melintas di lokasi.

Semua angkutan barang digiring masuk ke terminal. Petugas mendapati beberapa angkutan barang yang melebihi tonase. Petugas juga langsung menindak kendaraan barang yang melebihi tonase.

"Ada 11 angkutan barang yang kami tindak karena melebihi tonase, sedangkan untuk bus baru satu yang kami tindak karena tidak punya izin trayek," kata Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Bayu Halim Nugroho.

Petugas juga melakukan tes urine untuk para sopir angkutan. Targetnya, ada 100 sopir yang mengikuti tes urine. Tetapi, dari sejumlah sopir yang dites urine, petugas belum menemukan yang terindikasi menggunakan narkoba.

"Kami belum menemukan sopir yang terindikasi menggunakan narkoba," ujar AKP Bayu.

AKP Bayu mengatakan razia gabungan ini sasarannya kelengkapan kendaraan dan sopir. Selain memeriksa kelengkapan kendaraan, petugas juga mengecek kesehatan para sopir. Petugas juga mengecek urine para sopir untuk memastikan tidak memakai narkoba.

Menurutnya, razia ini diselenggarakan untuk kesiapan angkutan Natal dan Tahun Baru. Dengan razia ini, petugas ingin memastikan semua kendaraan untuk angkutan Natal dan Tahun Baru sudah siap. Hal itu untuk meminimalisir terjadi kasus kecelakaan lalu lintas selama angkutan Natal dan Tahun Baru berlangsung.

Salah satu sopir, Riono mengatakan razia kendaraan tes urine harus sering dilaksanakan oleh petugas. Menurutnya, tes urine dapat memastikan para sopir angkutan umum dan angkutan barang bersih dari narkoba.
"Tes urine untuk sopir ini bagus, kalau perlu sering dilaksanakan. Agar para sopir bersih dari narkoba. Biar tidak membahayakan penumpang dan pengendara lainnya," kata warga Talun, Kabupaten Blitar, itu. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved