Kabar Lamongan

RSUD Dr Soegiri Lamongan Larang Dokter Spesialis Cuti Natal Dan Tahun Baru

Kebijakan tidak memberikan jatah cuti diakhir tahun tersebut diambil untuk menjaga agar pelayanan di rumah sakit plat merah ini tetap maksimal.

RSUD Dr Soegiri Lamongan Larang Dokter Spesialis Cuti Natal Dan Tahun Baru
suryamalang.com/Hanif Manshuri
RSUD dr Soegiri di jalan Kusuma Bangsa Lamongan yang melarang dokter spesialis ambil cuti Natal dan Tahun Baru, Selasa (25/12/2018) 

SURYAMALANG.COM,  LAMONGAN - Libur Natal dan Tahun Baru, tidak berlaku untuk para dokter spesialis yang dinas Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soegiri Lamongan. Ini setelah direktur RSUD dr Soegiri tidak memberikan jatah cuti bagi dokter spesialis selama libur Natal dan Tahun Baru.

Direktur RSUD dr Soegiri Lamongan, dr M Chaidir Annas mengungkapkan, kebijakan tidak memberikan jatah cuti diakhir tahun tersebut diambil untuk menjaga agar pelayanan di rumah sakit plat merah ini tetap maksimal.

"Momen akhir tahun ini, saya tidak mengizinkan dokter-dokter spesialis untuk mengambil cuti," kata Chaidir Annas, Selasa (25/12/2018).

Jadi, menurut Annas, tindakan-tindakan emergency yang harus ditangani dokter spesialis tidak terbengkelai.
Semisal operasi yang emergency, dokter bedah dan dokter obgyn (dokter kandungan) selalu siap setiap saat.

Selain "mengharamkan" para dokter spesialis untuk mengambil libur panjang diakhir tahun. Apa yang dilakukannya itu sebagai bentuk konsekuensi  sebagai rumah sakit yang setiap saat siap melayani kebutuhan masyarakat.

Annas yakin, kebijakan itu tidak hanya ia lakukan sebagai direktur RSUD milik pemerintah. Tapi juga rumah sakit swasta. "Ini kebaikan untuk pelayanan pada masyarakat," katanya.

Annas menambahkan, kebijakan itu bisa diterima para dokter spesialis. Para dokter sadar dan menyadari dengan tidak berlakunya cuti bagi mereka. Pihaknya juga menyiagakan dokter selama 24 jam penuh, baik untuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) maupun untuk pasien rawat inap. Bahkan IGD tidak boleh kosong sesaatpun dari para dokter.

Kalau pelayanan poli rawat jalan memang tutup sampai Selasa (25/12) dan kembali buka mulai Rabu (26/12). "Tetapi kita buka layanan IGD 24 jam, dokter jaga terus standby, termasuk untuk pasien rawat inap," katanya.

Sementara untuk perawat dan petugas medis lainnya juga tetap bekerja sesuai dengan jadwal masing-masing, seperti hari-hari biasa. Untuk pegawai lain seperti paramedis di RSUD dr. Soegiri tidak ada persoalan karena selama ini bekerja tiap hari dengan pola shift.

"Hari libur dan hari efektif kerja biasa polanya tetap sama jadi tidak ada persoalan untuk pelayanan selama Natal dan Tahun Baru," katanya. 

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved