Kabar Madura

Kementerian Perindustrian Gerojok Sentra IKM Suramadu Rp 3,8 M Untuk Pengembangan Tahun 2019

Tahun 2019 Kementrian Perindustrian menganggarkan Rp 3,8 miliar. Untuk belanja peralatan di gedung IKM yang sudah ada

Kementerian Perindustrian Gerojok Sentra IKM Suramadu Rp 3,8 M Untuk Pengembangan Tahun 2019
suryamalang.com/Ahmad Faisol
Gedung Batik Sentra IKM Suramadu, Desa Baengas Kecamatan Labang mulai ramai pengunjung. Selain gedung batik, Sentra IKM juga akan menyediakan gedung anyaman tali agel, kerajinan pecut, miniatur kerapan sapi, hingga produksi emban cincin. 

SURYAMALANG.COM, BANGKALAN - Geliat pembangunan di akses menuju Jembatan Suramadu sisi Madura perlahan mulai nampak. Sejumlah proyek pengurukan hingga pembangunan gedung tengah beralngsung di akses sepanjang 12 Km itu.

Tak ketinggalan, Kementrian Perindustrian melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bangkalan membangun Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di Desa Baengas Kecamatan Labang.

"Tahun 2019 Kementrian Perindustrian menganggarkan Rp 3,8 miliar. Untuk belanja peralatan di gedung yang sudah ada," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bangkalan, R Amina Rachmawati, Senin (31/12/2018).

Sentra IKM dibangun di atas lahan seluas 6 hektare oleh Kementrian Perindustrian melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan sistem multi-years.

Dari total luas lahan itu, 4 hektare di antaranya akan dibangun 40 gedung sentra IKM. Sementara 2 hektar sisa lahan akan difungsikan sebagai lahan parkir, toilet, dan fasilitas umum.

Sementara Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bangkalan telah merampungkan pengurukan, pavingisasi, dan pembangunan dua gedung di atas lahan seluas 2 hektare pada tahun 2017.

Amina menjelaskan, dua gedung yang sudah terbangun saat ini ditempati tiga perajin batik dan perajin souvenir. Satu gedung akan ditempati satu kelompok IKM yang beranggotakan sepuluh orang pekerja.

"Untuk gedung batik akan tersedia ruang menulis batik, mencelup, menjemur, dan ruang promosi," jelasnya.

Selain gedung batik, 40 gedung di Sentra IKM juga akan menyediakan gedung anyaman tali agel, kerajinan pecut, miniatur kerapan sapi, hingga produksi emban cincin.

Setiap gedung masing-masing berukuran 20 meter x 18 meter. Sedangkan satu gedung utama atau Common Facility berukuran 35 meter x 72 meter. Gedung utama itu nantinya berada di bagian depan, sebagai etalase promosi beragam hasil IKM.

"Anggaran senilai Rp 3,8 Miliar itu bukan untuk nambah gedung. Untuk pengadaan kebutuhan peralatan dalam gedung. Biar efektif, memaksimalkan gedung yang sudah ada," paparnya.

Ia menambahkan, keberadaan Sentra IKM peruntukannya bukan untuk para PKL Suramadu. Melainkan murni untuk pengembangan kelompok-kelompok IKM yang ada di Bangkalan

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved